Jurnal Indonesia Baru

Gerak Cepat KPUD Kab Bekasi Jenguk Anggota PPK Kedungwaringin Yang Sakit

JIB| Kedungwaringin, Bekasi-Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi bergerak cepat terkait adanya laporan salah satu petugas Operator Data Pemilih (ODP) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) jatuh sakit saat rekapitulasi penghitungan suara di Kecamatan Kedungwaringin. Selasa (23/04/2019).

Ketua KPUD Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin dan Komisioner KPU Jawa Barat Devisi Perencanaan dan Logistik, Nina Yuningsih Didampingi Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi, Saiful Bahri, Kapolsek Kedung Waringin, AKP Akhamdi, menjenguk Wildan bagian Operator Data Pemilihan (ODP) PPK Kecamatan Kedungwaringin yang sedang menjalankan penanganan secara medis di Puskesmas Kedungwaringin

Devisi Perencanaan dan Logistik, Nina Yuningsih Kepada media Jurnal Indonesia Baru mengungkapkan, para petugas yang sakit ditingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ada di Jawa Barat, karena kelelahan dan dehidrasi.

“Oleh karena itu, saya mengajurkan kepada para anggota penyelenggara jangan memaksakan jika kelelahan dan istrirahat yang cukup jangan sampai kurang tidur dan kurang makan, karena dua hal itu yang menjadi penyebabnya,” kata Nina Yuningsih saat menjenguk anggota PPK yang sakit.

Nina Yuningsih manganjurkan, rekapitulasi data mengunakan sistem sift atau bergantian dan didukung oleh PPS yang membantu semua tahapan. Untuk mensiasati tahapan, kita bisa jalani sesuai jadwal tetapi tetap bisa menjaga kondisi kemampuan badan.

“Sejauh ini memang belum ada Undang-Undang untuk penyelenggara yang jatuh sakit, jadi kami belum dilindungi asuransi ataupun santunan tapi kami dari KPU Jawa Barat sudah mengajukan ke Pemerintah Provunsi (Pemprov) Jawa Barat, agar memberikan santunan dan biaya pengobatan bagi yang sakit,” Jelasnya.

Tempat yang sama Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin menambahkan, mengingatkan kepada para anggota PPK agar menjaga pisik kesehatan akibat banyaknya yang terjatuh sakit. Dalam waktu dekat, pihaknya akan buatkan surat permohonan kepada Pemerintah Daerah agar Dinas Kesehatan menyiagakan tim medis di lokasi rekap disetiap Kecamatan.

“Soal jaminan pengobatan, kami sudah ajukan hari ini ke Pemerintah Kabupaten Bekasi. Mudah-mudahan segera langsung ditindak lanjuti kemudian juga kami berharap kelelahan yang seperti ini segera bisa pulih kembali,” Ungkapnya.

Jajang Wahyudin menambahkan, bahwa KPU Kabupaten Bekasi mencatat ada 3 orang yang terjatuh sakit, diantaranya 1 orang terkena kecelakaan yaitu Petugas PPK Tambun Selatan, Petugas PPK Sukatani dan yang sekarang kita jenguk Pak Wildan ODP PPK Kecamatan Kedung Waringin.

“Hal itu sudah kami laporkan ke KPU RI melalui KPU Jawa Barat, kami berharap agar masyarakat tidak mendesak KPU menyajikan data hasil rekapitulasi harus cepat, karena tahapan ini masih panjang kami penyelenggara juga butuh ritme yang seimbang antara beban dan asupan kesehatan,” Tutupnya. (Andre)