JIB | Cibarusah, Kabupaten Bekasi- Lampu jalan atau dikenal juga sebagai Penerangan Jalan Umum (PJU) adalah lampu yang digunakan untuk penerangan jalan dimalam hari sehingga mempermudah pejalan kaki, pesepeda dan pengendara kendaraan roda dua atau roda empat dapat melihat dengan lebih jelas, jalan atau medan yang akan dilalui pada malam hari, sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas dan keamanan dari para pengguna jalan dari kegiatan atau aksi kriminal. Selasa (09/07/2019).

Adapun fungsi penerangan jalan
Yaitu penerangan jalan di kawasan perkotaan maupun perkampungan (jalan Desa) mempunyai fungsi antara lain dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, khususnya pada malam hari, mendukung keamanan, lingkungan dan memberikan keindahan lingkungan jalan.

Dengan di pasangnya lampu PJU di titik rawan kecelakaan dan sebagainya sangatlah penting terutama jalan raya, aksesnya sering di lalui pengendara roda dua dan roda empat seperti jalan raya Sirnajati yang menuju arah Desa Ridogalih sehingga sampai saat ini jalan tersebut sudah terang dan tidak gelap seperti biasanya.

Pemasangan lampu PJU dalam tahap pemasangan kabel serta yang lainnya di halaman Kecamatan Cibarusah dan pemasangan lampu PJU di halaman tersebut hanya tiga tiang PJU dan pemasangan yang lainnya di pergunakan di jalan Sirnajati 19 tiang PJU, semua ini hasil dari swadaya masyarakat.

Penerangan Jalan Umum (PJU) yang berada di wilayah Cibarusah berasal dari DPRKPP Kabupaten Bekasi yang berasal dari anggaran APBD tahun 2019, yang pada saat ini di kerjakan oleh Rekanan pada Bidang Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum (PPJU) pada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi.

Pekerja atau pegawai penerangan jalan umum yang tidak mau di sebutkan namanya mengatakan aduh bang mohon maaf kami hanya pekerja dan hanya melakukan pengerjaan pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum di sini.

“Selebihnya silakan abang kekantor aja” Jelasnya.

Tempat terpisah Usuf warga Sirna Jati menjelaskan dengan adanya penerangan Jalan Umum di daerah Cibarusah, khususnya di halaman Kantor Kecamatan Cibarusah, umumnya di daerah Jalan Sirna jati arah Desa Ridho galih sudah mulai terasa manfaatnya saat jalan malam,

“Karena dengan adanya penerangan Jalan Umum semua jalan kelihatan, bukan hanya itu saya juga nyaman dalam berkendara dan rawan dari kecelakaan dan pembegalan” Ungkapnya (Dedi)