JIB | Kabupaten Bekasi,- Aksi unjuk rasa Organisasi Masyarakat (Ormas) Persatuan Orang Betawi (POB) Kabupaten Bekasi ke PT. Indofood CBP sukses makmur Tbk. Selasa (16/07/2019)

Bersama anggota Polres Metro Bekasi, rayonisasi Polsek Cikarang Barat melaksanakan pengamanan Unras dari Ormas POB di PT Indofood. Pukul 09.00 WIB

Aksi unjuk rasa tersebut dilakukan dengan cara berkumpul di depan pintu perusahaan dengan membawa alat pengeras suara (TOA) serta membawa
bendera Ormas POB.

Adapun dalam isi orasi tersebut. Ormas POB menuntut kepada pihak perusahaan agar diberikan kuota rekrutmen tenaga kerja di Pt Indofood, serta dilibatkan dalam pengelolaan limbah B3 dan non B3.

Sekitar pukul 10.05 WIB pihak managemen dari pihak perusahaan Pt Indofood dan perwakilan dari pihak Ormas POB dilakukan pertemuan, diantaranya. Suroso (HRD), Devi Asman (Manager HR), serta Hadi S (Purchasing) dan Tatang Fatah (Manager Produksi) perwakilan dari pihak Pt Indofood, Adapun perwakilan dari pihak Ormas itu sendiri diantaranya. H.Sukarma, Abay, Naryadi dan M. Ote.

Adapun isi dalam pertemuan tersebut antara lain, Pihak Managemen menyampaikan. Bahwa surat yang dilayangkan sudah dibalas oleh menagemen dengan adanya aksi ini permasalahan apa lagi yang menjadi kendala oleh ormas POB.

Sambungnya. Terkait rekruitmen kami mengarahkan teman-teman ke Desa Sukadanau agar bias di akomodir perekrutan di PT Indofood, dan siapa saja boleh daftar asal sesuai persyaratan.

Lanjut masih kata pihak menagemen. Terkait limbah sudah berjalan lebih dari 10 (Sepuluh) Tahun dan sudah bekerja sama dengan lingkungan, dan terkait permintaan kuota rekrutmen mohon maaf kami tidak bias mengabulkan.

Beberapa waktu yang lalu memang dari keluarga POB ada yang melamar disini, namun bukannya kami menolak melainkan penyesuaian kebutuhan perusahaan. Pungkasnya

Adapun dari pihak Ormas POB menyampaikan. Tujuan kami datang kesini untuk meminta kerjasama terkait pengolahan limbah B3 dan non B3 serta rekrutmen karyawan. Terkait proposal yang sudah kami sampaikan tidak ada balasan dari pihak PT Indofood, setelah surat penegasan kemudian barulah ada surat jawaban
dari perusahaan dengan bahasa tidak dapat bekerjasama dengan pihak POB.

Terkait adanya aksi ini akibat tidak adanya itikad baik dari pihak menagemen kepada Ormas POB, karena sejak kami layangkan surat terakhir dari menagemen tidak adanya komunikasi lagi kepada kami, dan pihak kepolisian maupun ke koramil.

Rekrutmen kami hanya ingin meminta ke perusahaan dan kami tidak mau meminta ke desa. Kami hanya minta jatah 2 (Dua) orang. Selanjutnya terkait kerjasama pengolahan limbah kami akan berkordinasi dengan lingkungan.

Adapun hasil dari pertemuan tersebut:

1. Kuota rekrutmen tenaga kerja tidak bisa dikabulkan
2. Kerjasama pengolahan limbah pihak POB akan berkordinasi dengan lingkungan
3. Terkait rekrutmen kami tidak janji untuk mengabulkan salah satu saudar dari bapak haji. Karena dapat bekerja disini asalkan memenuhi persyaratan yang ada.

pertemuan selesai sekitar pukul 11.00 WIB, selanjutnya massa aksi dari ormas POB membubarkan diri dan kembali ke kantor DPP POB, selama kegiatan berlangsung situsi aman terkendali. (Andre)