JIB | Bekasi,- Sebanyak 98 orang peserta yang terdiri dari masing-masing perwakilan Pramuka, Kades, Linmas, Sekolah, SPBU, Security dan personil Polsek Cibarusah, ikut terlibat dan berpartisipasi dalam kegiatan “Pelatihan Siaga Bencana Pemadam Kebakaran bagi Personel Polsek Cibarusah, Polres Metro Bekasi, pada Jumat (19/07/2019)pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB.

Acara kegiatan pelatihan dibuka oleh Wakil Kepala Kepolisian Sektor Cibarusah, Iptu Kadarusman,SH mewakili Kepala Kepolisian Sektor Cibarusah,AKP Sukarman,SH yang berhalangan hadir karena ada tugas yang lebih penting.

Dalam arahan dan kata sambutanya Iptu Kadarusman mengatakan bahwa kegiatan pelatihan siaga bencana dan pemadaman kebakaran bagi personel Polsek Cibarusah bersama Pramuka, Kades, Linmas, Sekolah, SPBU dan Security ini, untuk merefreshing kembali ingatan kita dalam kesiapsiagaan bencana Kebakaran.

Hal ini lanjutnya, karena rencana setiap tahunya kita sudah melakukan kegiatan seperti ini. Namun latihan kesiapsiagaan seperti ini harus tetap dan terus dilakukan, mengingat kita berada di daerah yang rawan bencana kekeringan,” jelas Iptu Kadarusman.

Bahkan menurut Iptu Kadarusman, banyaknya korban kebakaran akibat ketidaksiapan kita dalam menghadapi bencana tersebut, perlunya ketahanan dalam menghadapi bencana. Lebih lanjut Wakil Kepala Kepolisian Sektor Cibarusah mencontohkan kesiapsiagaan yang dilakukan oleh daerah lain.

“Berkaca dari daerah lain semisalnya, daerah itu begitu sering dilanda bencana kebakaran, namun di sisi lain juga dibarengi dengan peningkatan kapasitas masyarakatnya dari sisi kesiapsiagaan bencana kebakaran itu sendiri, bahkan ini dilakukan sejak dari anak-anak sudah disiapkan sejak dari usia dini, maka ketika terjadi bencana jumlah korban dan angka kebakaran dapat diminimalisir, karena mereka sudah memiliki pemahaman dan kapasitas dalam kesiapsiagaan bencana kebakaran.” Jelas Iptu Kadarusman.

Untuk latihan kesiapsiagaan bencana kebakaran kali ini, ujar Wakil Kepala Kepolisian Sektor Cibarusah, kita libatkan seluruh perwakilan dari masing-masing unit kerja yang ada di lingkungan wilayah Kecamatan Cibarusah, tidak terkecuali mulai dari jajaran Kepala Desa sampai Linmas dan pegawai POM Bensin serta Pramuka dan juga Sekolahan, hal ini agar semuanya memahami arti pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana kebakaran dilingkungan mereka.

Pelatihan Siaga Bencana Pemadaman Kebakaran bagi Personel Polsek Cibarusah ini dibagi dalam dua sesi, bagian pertama penyampian materi terkait kesiapsiagaan bencana kebakaran dan sesi kedua materi pemadaman kebakaran.

Untuk sesi pertama pemateri dan narasumber, Divisi safety PT Jui Shin, Winan, dan materi kedua serta simulasi kebencanaan dipandu oleh Riky beserta tim, yang juga sebagai fasilitator.

Pada kegiatan tersebut tidak saja disampaikan teori materi kesiapsiagaan bencana kebakaran, tetapi juga para peserta diajak langsung melakukan latihan dan simulasi apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi bencana kebakaran, mulai dari memadamkan api dengan memakai Alat pemadam api ringan (APAR), sampai cara pemadaman api memakai media karung basah. Acara kegiatan berjalan lancar dan diikuti dengan serius oleh para peserta. (Dre).