Jurnal Indonesia Baru

Pemkab Bekasi Mengadakan Festival Mancing 2019 di Taman Limo

JIB | Kab Bekasi,- Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pariwisata mengadakan Festival Mancing 2019 yang di adakan di Taman Limo, Desa Jatiwangi, Cikarang Barat pada Minggu (15/9). Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan dalam memeriahkan hari jadi Kabupaten Bekasi ke-69 dan HUT RI ke-79.

Acara pembukaan festival memancing ini ditandai dengan pelepasan ikan secara simbolis oleh H. Dedi selaku Kepala Bidang Dinas Pariwisata, yang juga didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata H. Encep S Jaya.

Dalam sambutannya, H. Encep S Jaya mengatakan festival memancing ini merupakan program rutin tahunan yang dimiliki oleh Dinas Pariwisata. Dan pada festival memancing tahun ini, jumlah peserta yang sudah terdaftar mengalami peningkatan yaitu mencapai 500 orang.

“Bisa dilihat, antusias masyarakat Kabupaten Bekasi tiap tahunnya meningkat, saya berharap kedepannya kegiatan festival memancing ini dapat dilakukan dua kali dalam satu tahun” jelas Encep.

Kegiatan memancing ini juga bertujuan untuk memperkenalkan potensi-potensi wisata yang ada di Kabupaten Bekasi. Selain itu kegiatan festival memancing ini juga dipilih sebagai sarana mempromosikan dan memperkenalkan salah satu objek wisata yaitu Taman Limo yang ada di Kabupaten Bekasi.

“Untuk lokasi setiap tahunnya akan berbeda-beda. Karena salah satu tujuannya ya itu, untuk memperkenalkan lokasi wisata yang ada di Kabupaten Bekasi” jelasnya.

Dalam kegiatan kali ini, Encep menjelaskan yang menjadi kriteria penilaian pemenang pada festival memancing kali ini adalah dilihat dari bobot ikan mas babon terberat yang berhasil didapatkan oleh peserta.

Salah satu peserta festival memancing, Ari mengatakan sudah mempersiapkan pangan ikan khusus untuk memancing pada kegiatan kali ini.

“Iya saya sudah mempersiapkan empan ikan dari jauh-jauh hari untuk ikut festival mancing kali ini” katanya.

Ari juga berharap pemerintah dapat terus lebih banyak memberikan kegiatan-kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat seperti kegiatan kali ini.

Adapun peserta yang berhasil keluar sebagai pemenang dalam festival memancing tahun ini adalah Juara 1, H.Isep dengan total berat ikan mas babon sebesar 5 ons. Untuk Juara 2 yaitu, Edi Susanto dengan total berat ikan babon sebesar 4,9 ons, dan yang terakhir adalah juara 3 yaitu, Saiful dengan total berat ikan mas babon 4,1 ons. (Endang)