JIB | Karawang, – Selama ini banyak masyarakat telah menganggap Dana Desa (DD) yang digelontorkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa, bahwa penggunaan dan pengelolaannya dianggap selalu diselewengkan. Hal ini tentu saja membuat Citra Kepala Desa (Kades) menjadi buruk.

Tetapi tidak bagi masyarakat Desa Makmurjaya, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang. Pasalnya semua masyarakatnya telah menganggap bahwa, Ade Suryadi selaku Kepala Desa Makmurjaya, cepat tanggap untuk peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan di berbagai sektor yang menggunakan Dana Desa tahun 2019.

Dikatakan, Ade Suryadi, selaku Kepala Desa Makmurjaya, pihaknya dalam pengalokasian Dana Desa (DD) tahun 2019, yang digulirkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa, dapat meningkatkan pemerataan pembangunan, kesejahteraan Desa melalui peningkatan pelayanan Publik Desa, serta dapat memajukan perekonomian Desa.

“Selain bisa memajukan perekonomian Desa, kita dapat mengatasi kesenjangan pembangunan antar Desa, dan dapat mengentaskan kemiskinan serta menekan angka pengangguran,” ungkap, Ade Suryadi, kepada Jurnal Indonesia Baru (JIB), waktu ditemui diruang kerjanya, Rabu (13/11/19).

Lanjut, Ade Suryadi, Program Dana Desa (DD) tahap 1, 2 dan 3 tahun 2019, telah direalisasikan dengan program permberdayaan masyarakat dalam meningkatkan pembangunan, pemanfaatan dan pemeliharaan infrastuktur dan lingkungan, dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Dalam mererealisasikan Dana Desa, pengerjaannya kita laksanakan dengan memberdayakan masyarakat sekitar terutama dalam penggunaan tenaga kerjanya. Sesuai tujuan utama dari digelontorkannya Dana Desa kepada masing-masing Desa. Pastinya dalam pengerjaannya kita berdayakan masyarakat setempat,” ujarnya.

Ditempat terpisah, berinisial HR (49) selaku tokoh masyarakat mengatakan dirinya mengapresiasi kinerja Pemdes Makmurjaya, dengan terbukti adanya peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan di berbagai sektor, yang dibiayai DD tahun 2019. Hal tersebut kini dapat dirasakan oleh masyarakat dalam perubahannya, sehingga dapat dinikmati.

“Semua itu demi meningkatkan perekonomian maupun skala prioritas yang dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip yang dapat menjamin pemanfaatan sumber daya secara optimal. Dengan terwujudnya peningkatkan sarana prasarana, sehingga dapat menciptakan linkungan menjadi sehat dan aman,” pungkasnya.(Sule/Ey)