JIB | Karawang, – Jelang pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), para Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN 1) Rengasdengklok Karawang, menggelar simulasi. Dalam kegiatan simulasi dilaksanakan terbagi tiga sesi. Untuk sesi pertama masa pembelajaran dimulai jam 7:30 – 9:30 WIB, sedangkan sesi kedua 10:30 – 12: 30 dan sesi ketiga jam 14:30 – 16 WIB, Rabu (13/11/19).

Disela – sela digelarnya simulasi, Deni Wahyudi, selaku Operator SMPN 1 Rengasdengklok, mengatakan kegiatan ini baru pertama kali dilakukan. Sementara pihak sekolah dalam persiapannya untuk melaksanakan kegiatan UNBK mendatang hanya tersedia 140 unit laptop.

“Kegiatan ini kita tetap akan laksanakan dengan laptop yang tersedia di sekolah. Sedangkan dalam pelaksanaannya kita bagi menjadi 4 kelas atau ruang kelas, masing – masing kelas diisi 33 siswa, 1 pengawas dan 1 pengawas dan 1 operator serta 4 orang teknis, ucapnya.

lanjut ia, mengatakan dalam tekhnis pelaksanaan, setiap siswa mempunyai user dan password yang berbeda – beda yang didapat atau diberi dari pusat. Selain itu dalam tekhnis pelaksanaan terlebih dahulu siswa login dengan masukan user dan password yang dimiliki masing – masing siswa.

“Setelah mengikuti petunjuk siswa diwajibkan masukan token atau kata kunci yang sama dan nantinya akan keluar biodata siswa, lalu keluarlah soal yang harus diisi oleh siswa,” ujarnya.

Menurutnya, selama melaksanakan kegiatan jika ada masalah karena faktor jaringan yang semisalnya saat pengisian soal tiba – tiba jaringan tersebut menghilang selama 15 menit, maka siswa harus login kembali dan memasukkan kembali token.

“Prihal jawaban yang sudah diisi oleh siswa tersebut tidak akan hilang karena langsung tersimpan ke server,” pungkasnya.(Sule/Ey)