JIB | Kab Indramayu,- Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten pada hari Kamis, 14/11/219 kemarin melakukan penelitian terkait adanya penemuan Batu Bata yang diduga Candi yang berada di Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Jumat, (15/11/2019)

Setelah sebelumnya Balai Arkeologi Bandung yang di Pimpin oleh Adi Sutrisna mendatangi lokasi tersebut dan menerangkan bahwa Bata tersebut mirip dengan Candi Batujaya Karawang, ataupun Trowulan Jawa Timur sebagai Bata kuno peninggalan Kerajaan Majapahit.

Dalam penelitiannya Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten di pimpin langsung oleh Kepala BPCB Banten Dra Rusmayjani Setyorini didampingi oleh Dedy Musasih sebagai Tim Cagar Budaya Kabupaten Indramayu.

Saat dikonfirmasi oleh media online jurnalindonsiabaru.com, Dra Rusmayjani Setyorini memaparkan.

“Kesimpulan awal memang dari Bata yang kita lihat bahwa Bata ukurannya besar dan punya kekuatan yang berbeda dengan zaman sekarang merupakan bata sebuah bangunan lama yang bisa di indikasi bahwa itu bangunan Candi tapi pastinya apa saja isi kandungan yang ada di dalam bata tersebut nanti kita akan pecahkan bata ini akan dikirim ke Balai Konservasi Borobudur, ” papar Setyorini

Lebih lanjut ia mengatakan. Langkah pelestarian akan berkordinasi dengan balai Arkeologi terkait dengan penelitian dan tentunya dari kami Cagar Budaya punya tugas melakukan pelestarian tersebut, jelasnya

“Untuk temuan Bata ini ada kesamaan dengan Candi yang ada di Kabupaten Karawang (Batujaya) ada sekam padi ada didalam batanya, jadi nanti kita akan sama-sama melalakukan penelitian dan pelestarian untuk temuan ini yang di rencanakan mungkin pada tahun depan.” Pungkas Setyorini. (Dre)