Jurnal Indonesia Baru

Plt Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat, Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 Konsentrasi Pada Tiga Isu Kesehatan

JIB | Kab Indramayu,- Pelaksana Tugas Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 menegaskan, berkomitmen akan berkonsentrasi pada pengentasan isue kesehatan nasional antaranya Stuntting, Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI) serta Jaminan Kesehatan Nasional yang perlu untuk dilakukan secepat mungkin.

“Ketiga isu kesehatan utama yang harus diselesaikan di Indramayu yaitu, Stuntting, Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI) serta Jaminan Kesehatan Nasional,”tegasnya saat Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 di Alun-alun Kabupaten Indramayu, Senin (18/11/2019).

Menurutnya, penanganan ketiga isue kesehatan itu dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk mewujudkan Generasi Sehat Indonesia Unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045 sekaligus menghadapi bonus demografi atau revolusi 4.0 dimana mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera.

Ia menambahkan, dua isue kesehatan lainya yang perlu juga untuk diatasi sedini mungkin yakni, tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri. Sehingga atas dasar itu dapat menjadi fokus perhatian bersama agar dapat segera diupayakan solusinya.

Dikatakan orang nomor satu di Indramayu itu, langkah upaya yang harus dilakukan setiap daerah khusunya di Indramayu harus menerapkan tiga pilar kesehatan yaitu, paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya Jaminan Kesehatan Nasional yang mengusung kegiatan promotif dan preventif.

Dalam konteks perspektif ini pembangunan kesehatan menekankan dua penguatan meliputi optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan.

“Optimalisasi inovasi layanan kesehatan dimaksudkan untuk mengefisiensikan tindakan-tindakan yang mahal dengan mengoptimalkan inovasi pelayanan kesehatan. Sementara harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan terkait konektivitas antar kementerian dan lembaga, lintas sektor maupun unit-unit kerja lintas program terkait lebih ditingkatkan, agar tidak terjadi tumpang tindih, sehingga fokus pada pemecahan masalah kesehatan,” tambahnya.

Ia mengharapkan, dalam mengentaskan isue kesehatan nasional itu dapat dilaksanakan dan difokuskan bersama dengan tujuan melaksanakan pembanguanan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa.

“Untuk itu saya berharap kita dapat bekerjasama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku, utamanya mengentaskan Stuntting, Angka Kematiab Ibu dan Bayi (AKI) dan memperbaiki layanan kesehatan serta membenahi tata kelola BPJS Kesehatan serta penyediaan obat dan alat kesehatan lokal yang murah berkualitas,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat secara simbolis memberikan penghargaan terhadap Puskesmas berprestasi yang diperoleh Puskesmas Lohbener dan Puskesmas terkareditasi Utama diraih Puskesmas Krangkeng dan terakreditasi Madya diraih Puskesmas Anjatan.

Kemudian penyerahan terhadap desa Open Defecation Free (ODF) kepada Desa Panyingkiran Lor Kecamatan Cantigi dan penerimaan penghargaan terhadap Kader Posyandu masa bakti 30 tahun lebih kepada B. Fatimah asal Desa Kebulen Kecamatan Jatibarang.

Selin itu juga secara simbolis diserahkan Kartu BPJS Gratis melalui PBI Anggaran Pemkab Indramayu kepada Nuraini, Marsinih dan Catih yang masing-masing dari Desa Totoran Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu. (Andri)