Oleh : Asep Saepullah S.Pd.I Ketua Lembaga Pemberantas Korupsi Kabupaten Bekasi.

JIB | Kabupaten Bekasi- Kesenjangan sosial adalah suatu perbedaan antar individu atau kelompok dalam masyarakat yang terjadi karena perbedaan status sosial, perbedaan status ekonomi, dan perbedaan kedudukan dalam masyarakt.

Perbedaan-perbedaan tersebut dapat berupa perbedaan cara mengatasi kesenjangan sosial dalam perlakuan, perbedaan hukum, perbedaaan kesempatan, dan perbedaan fasilitas umum yang didapatkan. Sehingga berepek pada perekonomian masing-masing.

Kesenjangan sosial yang umum terjadi di negara-negara berkembang adalah kesenjangan sosial ekonomi atau kesenjangan sosial yang disebabkan faktor ekonomi. Maka, biasanya pembahasan kesenjangan sosial lebih banyak mengarah kepada kesenjangan sosial ekonomi. Akibat dari kesenjangan sosial pun tidak lepas dari masalah sosial yang diakibatkan dari faktor ekonomi yang berkepanjngan.

Dinamika kesenjangan sosial
Dan ini tidak lepas dari pemerintah oleh sebab itu pemerintah secara berfase agar kesenjangan sosial di kehidupan manusia di jaman millinial berdampak pada perekonomian maka dari itu ini bisa terkoodinir secara relevan di kehidupan jaman sekarang. Dan itu butuh proses yang panjang untuk menangani hal itu. Agar perekonomian bisa seimbang dengan kehidupan di jaman sekarang sehingga kesenjangan sosial bisa di atasi.

Kesenjangan sosial di jaman sekarang adalah PR pemerintah untuk mengentaskan itu dengan cara bekerjasama antara Dinas Sosial dan Dinas pendidikan dan steakholder agar kedepannya bisa berjalan sesuai harapan pemerintahan. Mulailah dari dini untuk mengentaskan kesenjangan sosial itu.

Kalau kita lihat dari penomena kehidupan di jaman sekarang ini, terlalu bebas dan tidak terkendali manusia untuk berbuat sesuatu karena tidak berimbangnya antara kesenajngan sosial dan perekonomian sehingga berbuat keperbuatan negative.

Hal lainnya kurang pengawasan dari orang tua, guru, masyarakat dan pemerintah bukan hanya itu tetapi tidak di bekali pendidikan yang berkarakter {akhlak} semestinya.

Semua itu butuh kesadaran dari semua pihak agar kesenjangan sosial yang berdamak pada perekonomian bisa di atasi, akan tetapi harus di bekali pendidikan, ketranpilan, dan lainya agar setiap manusia masing-masing punya kesibukan untuk dirinya masing-masing agar tidak terjadi ke perbuatan yang melanggar hukum dan norma-norma Agama.

Ada beberapa cara untuk mengatasi kesenjangan sosial mengingat banyaknya faktor-faktor yang menyebabkan kesenjangan sosial yang berakibat terhadap masyarakat, maka diperlukan upaya untuk mengatasi kesenjangan sosial di jaman sekarang yaitu :

1. Kebijakan Pemerintah
Kebijakan pemerintah merupakan adalah prioritas utama untuk mencegah dan mengendalikan kesenjangan sosial yang berdampak pada ekonomi. dan kebijakan pemerintah sangat diharapkan untuk dapat mencegah kesenjangan sosial seperti kebijakan tentang pemerataan pembangunan, kebijakan sistem pendidikan, penyediaan lapangan pekerjaan, perbaikan lingkungan sehat, upaya tindakan terhadap korban bencana alam, dan sebagainya agar semua bisa di atasi oleh pemerintah pusat dan Daerah.

2. Sosialisasi Secara Bertahap
Sosialisasi adalah sesuatu yang perlu di sampaikan kepada masyarakat dalam hal apapun sehingga terjadi reaksi yang bisa terlaksana di masyarakat agar masyarakat sadar akan hak dan kewajibannya dan tidak melakukan kejahatan yang keluar dari kaidah dan norma Agama.

3. Memperbaiki Sistem Yang ada
Sistem yang ada harus di perbaiki agar semuanya berjalan sesuai dengan Undang-undang dan Pancasila maupun norma-norma Agama Insya Allah kalau itu sudah di jalankan oleh masyarakat (Manusia) maka kesenjangan sosial akan terkikis dan perekonomian lambat laut akan mengikuti (Meningkat). Dengan system ini akan menjamin kesamaan status seseorang di tengah masyarakat dan jauh dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

4. Sumber Daya Manusia
Dinamika kesenjangan sosial dapat dicegah dengan meningkatkan secara terus menerus agar sumber daya manusia dan sumber daya alam seimbang. Sehingga masyakat dapat memanfaatkan dengan SDM yang merata dengan mempunyai keterampilan, kreativitas dan percaya diri agar mampu mengakat perekonomian di segala sector.

5. Persamaan Fasilitas Publik
Fasilitas publik atau fasilitas umum, serta sarana kesehatan, pendidikan, Tenaga kerja, ekonomi dan sarana transportasi sangat diperlukan untuk mencegah kesenjangan sosial, sehingga masyarakat bisa menikmati itu karena kesenjangan sosialnya tegerus oleh aktivitas dan kreativitas masyarakat yang berkesinambungan. (***)