JIB | Kabupaten Bekasi- Lapas Cikarang bersama beberapa lembaga salah satunya Lembaga Lingkungan Walantara Kabupaten Bekasi, baik desa maupun masyarakat lakukan kegiatan budidaya ikan patin dengan memanfaatkan lahan kosong seluas 7000 m2, jumat (29/11/2019).

Perlu diketahui, kegiatan itu didukung oleh Koperasi Cipayung Mandiri dan UPTD Pembenihan pada Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk program pembinaan asimilasi narapidana,” ucap Kepala Lapas Cikarang Kelas III, Kadek Anton Budiharta.

Turut hadir dalam acara tersebut, Koperasi Cipayung Mandiri, Kepala Desa Pasir Tanjung, Karang Taruna Pasir Tanjung, Kepala UPTD Perikanan, JMPD dan Lembaga Lingkungan Hidup Walantara ( Wahana Lingkungan Alam Nusantara) Kabupaten Bekasi.

“Nantinya program ini akan dikelola para napi. Artinya nanti ketika bebas bisa dimanfaatkan,” ungkapnya.

Kadek berharap, semoga langkah awal ini menjadi bermanfaat serta dapat dikembangkan sebagai sarana pembinaan para narapidana Lapas Cikarang.

Tempat yang sama Ketua Walantara Kabupaten Bekasi Syaripuddin yang biasa di panggil panjalu mengatakan Intinya dengan adanya kerjasama antara pihak lapas dan masyarakat itu akan membawa dampak positif, kami dari lembaga lingkungan hidup akan memperluas kerjasama terutama dalam penghijauan sepanjang jalan depan lapas agar terlihat indah.

“Dan semoga menjadi manfaat buat rekan-rekan napi untuk bekal ketika mereka kembali ke masyarakat luas, karana sudah ada bekal.” Kata panjalu panggilan sehari- hari.

Harapan saya semoga pemerintah akan peduli terhadap rekan-rekan setelah keluar dr lapas, walau bagaimanapun mereka itu warga kabupaten Bekasi (endang)