JIB | Karawang, – Berdirinya unit usaha BumDes “Mugi Rahayu” Desa Kutamakmur Kecamatan Tirtajaya, dengan sebutan Kampoeng wifi akses internet dapat mencerdaskan masyarakat dan meningkatkan perekonomian, karena masyarakat bisa mengenal kemajuan dunia milenial melalui akses internet, seperti medsos, aplikasi online dan browsing informasi dunia, Senin (09/12/19).

H. Edi Heryana, sebagai Ketua BumDes Mugi Rahayu, mengatakan unit usahanya yang disebut kampoeng wifi adalah akses internet yang ada diwilayah Desa Kutamakmur yang dapat berpengaruh terhadap lingkungan, sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga.

“Keuntungan akses internet dapat dipergunakan untuk bisnis online, dan komunukasi yang berbentuk pengiriman file gambar atau pun file terkait promosi usaha warga,” ucapnya waktu ditemui jurnalindonesiabaru.com, Senin (09/12/19) disela – sela kesibukannya.

Dengan hadirnya Kampoeng wifi, adalah produk jasa pelayanan jasa penyambung internet sebagai lokomotif kemajuan ekonomi usaha warga di Desa Kutamakmur. Hal tersebut selain mudah mendapatkan akses internet, warga tanpa harus repot mngadakan alat alat yang nilainya mahal.

“Ketika warga membutuhkan akses internet cukup menggunakan satu chip saja. Sedangkan chip tersebut berupa voucher yang bisa menangkap signal wifi yang dapat mengaksesnya dengan jarak 2 km dari server BumDes Mugi Rahayu hingga kerumah warga,” terangnya.

Lebih lanjut, mengatakan unit usaha yang dinamakan kampoeng wifi yang saat ini dijalani BumDes Mugi Rahayu telah direncanakan dari tahun 2018 lalu, dengan mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar Rp. 199.200.000,- dari Pemerintah Pusat yang digulirkan ke Pemerintahan Desa.

“Pada waktu itu unit usaha Kampoeng wifi yang dikelola BumDes Mugi Rahayu belum cukup untuk mengaktifkan. Dan Alhamdulillah di 2019 akan bisa mengaktifkan, karena BumDes Mugi Rahayu mendapatkan tambahan modal sebesar Rp. 30.000.000,- untuk pengembangan unit usaha ini,” ujarnya.

Menurutnya, sebelum tutup bulan Desember BumDes dan Pememerintahan Desa Kutamakmur akan lounching kan unit usaha yang dinamakan kampoeng wifi, dengan mengundang warga masyarakat serta intansi terkait di wilayah Desa Kutamakmur dan Kecamatan Tirtajaya.

“Bumdes Mugi Rahayu dalam menjalankan usahanya, selain unit usaha kampoeng wifi ada juga unit usaha lainnya, diantaranya untuk penyewaan alat hajat dan unit usaha perdagangan beras yang spai saat ini masih aktif berjalan,” pungkasnya.(Sule/Ey)