Jurnal Indonesia Baru

Nizar Ali Meresmikan Pusat Layanan Haji Dan Umrah di Kabupaten Bekasi

JIB | CIKARANG PUSAT – Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja bersama Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Nizar Ali meresmikan
Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT). Bertempat di Kantor Kementrian Agama Pemerintah Kabupaten Bekasi – Cikarang Pusat, Senin (30/12).

Peresmian gedung PLHUT sebagai upaya memberikan pelayanan haji dan umrah secara terpadu serta memangkas birokrasi agar layanan haji dan umroh lebih cepat.

Turut hadir unsur Muspida, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Ketua MUI, Ketua Baznas serta Alim Ulama dan tokoh masyarakat Kabupaten Bekasi.

Dalam sambutannya, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja menyambut baik adanya gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT). Karena dengan didirikannya gedung pelayanan haji dan umrah kepada masyarakat akan lebih efektif, tepat dan cepat. Masyarakat Kabupaten Bekasi juga akan lebih ringan secara ekonomis, proses pelayanannya juga menyingkat waktu tenaga dan juga biaya.

“Saya sangat apresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memfasilitasi pembangunan gedung palayanan haji dan umroh terpadu ini, sehingga dengan adanya layanan haji dan umrah terpadu dapat mempermudah proses pendaftaran bagi calon jamaah”, Ucapnya.

Menurut Eka, dengan adanya gedung tersebut kendala-kendala yang selama ini dihadapi masyarakat Kabupaten Bekasi yakni kendala jarak tempuh, waktu, tenaga, biaya transportasi bolak-balik dalam hal pengurusan administrasi pelayanan akan dapat diminimalisir, mengingat animo masyarakat Kabupaten Bekasi yang ingin menunaikan ibadah haji dan umrah sangat tinggi. Ini terlihat disetiap tahunnya, rata-rata kuota haji berkisar diangka 2000an. Belum lagi yang menunaikan haji

“Saya berharap Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bekasi selaku stake holders pelaksanaan pelayanan bisa lebih koordinatif dan sinergis, sehingga ke depan masyarakat Kabupaten Bekasi akan terlayani lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Nizar Ali menjelaskan dengan ada gedung pelayanan terpadu ini, calon jamaah yang ingin mengurus haji dan umroh ataupun mencabut pendaftaran dapat dilakukan di sini dan bisa selesai dalam satu hari.

“Jadi saya rasa ini sangat bermanfaat bagi calon jamaah haji yang ingin mendaftar,” katanya

Sambungnya, Gedung PLHUT ini dibangun agar memudahkan masyarakat, mengingat masyarakat tidak perlu lagi mondar-mandir untuk menyelesaikan urusannya. Karena di dalam gedung sudah tersedia, seperti bank, pelayanan foto dan lain sebagainya, sudah tesedia disini dalam satu pintu

“Begitu pula dengan hal lainnya seperti informasi, masalah haji serta umroh yang ada di daerah, dan pembatalan haji dapat di komunikasikan di gedung PLHUT Kemenag Kabupaten Bekasi,” jelasnya.

Biro Bekasi : Endang