JIB | Kabupaten Bekasi,- Pintu air bendungan Caringin yang terletak di Desa sukamakmur meliputi dua kecamatan yaitu kecamatan Karang Bahagia dan Sukakarya saat ini kondisinya sangat memperihatinkan. Dari pantauan media online jurnalindonesiabaru.com pada hari minggu, (16/02/2020) kondisi pintu air tersebut Jebol, menurut informasi yang diperoleh dari masyarakat setempat saat ini belum ada tanggapan dari pihak terkait.

Minimnya perawatan hingga mengakibatkan rusaknya pintu air diduga petugas yang mengawasi pengairan seolah tutup mata.

Waduk Caringin tersebut diresmikan pada tanggal 5 agustus 2003, oleh H.Wikanda Darma Wijaya. Bendungan Caringin ini adalah salah satu objek atau waduk per’airan untuk di bidang pertanian yang di salurkan kurang lebih dari 10 Desa untuk lahan para petani yang di globalkan kurang lebih ratusan bahkan ribuan hektar untuk ladang pertanian. Tapi sangat disayangkan minimnya perawatan oleh pihak terkait sehingga Bendungan tersebut sangat mudah rusak terlebih sampai jebol 1 (satu) pintu, sehingga mengganggu perairan para petani di sekitar yang memanfaatkan bendungan caringin.

Terkait hal tersebut pemerintahan setempat mengharapkan agar pihak terkait cepat tanggap dalam jebolnya bendungan Caringin ini.

Untuk sementara pemerintahan setempat, Desa Sukamakmur dan Sukajadi Berupaya mengaktifkan kembali pintu bendungan air tersebut dengan alat dan bahan seadanya, yaitu dengan menggunakan batang Pohon Kelapa agar para petani bisa bercocok tanam di musim tanam padi tahun ini.

Reporter. Endang Biro_Bekasi