Jurnal Indonesia Baru

Upaya Pencegahan Demam Berdarah Personil Polres Indramayu Lakukan Fogging

JIB | KAB.INDRAMAYU,- Guna mengantisipasi penyebaran dan perkembangbiakkan nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit Demam Berdarah, jajaran Polres Indramayu Polda Jabar melakukan penyemprotan Fogging dibeberapa titik di wilayah hukum Polres Indramayu. Senin, (16/03/2020).

Kegiatan penyemprotan Fogging antisipasi penyebaran bibit nyamuk dilakukan di tiga titik, antaralain. Mako Polres Indramayu, Rumah Dinas Kapolres Indramayu, dan Asrama Polisi Cimanuk kelurahan Kepandean Kabupaten Indramayu.

Adapun Tim Urkes (Urusan Kesehatan) yang melaksanakan kegiatan penyemprotan Bripka Asep Damanhuri, Briptu Joko Hartawan, Bripka Andri Mulyana dan Bripka Rivai Nursono, dalam giat tersebut dipimpin langsung oleh Kasubag pers Ipda Agustian, S.H didampingi Ps. Paurkes Bripka Asep Damanhuri.

Kapolres Indramayu AKBP SUHERMANTO, SIK. M.Si.,melalui Paur Humas Polres Indramayu IPDA SUKENDA menerangkan, bahaya penyakit demam berdarah bisa mengancam siapa saja tidak terkecuali anggota Kepolisian, oleh karena itu Mako Polsek Indramayu sebagai tempat bekerja dari aparat Kepolisian dan tempat pelayanan masyarakat harus diseterilkan.

Dijelaskannya, nyamuk Aedes aegypti dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi manusia, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya dan masih banyak lagi jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh nyamuk tersebut.

“Hal yang paling penting dilakukan guna mencegah cepatnya perkembangbiakan nyamuk adalah melakukan 3M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur,” imbuhnya

Lanjutnya, begitupun Kebersihan lingkungan adalah salah satu faktor utama untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk. Jagalah kebersihan lingkungan seperti menyingkirkan genangan air, rutin memantau saluran air, selokan/parit, membuang sampah pada tempatnya. Pungkas IPDA SUKENDA

(Andri)