JIB | KARAWANG – Dibalik kesibukannya sebagai seorang ibu rumah tangga yang memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengurus rumah tangga, suami serta anak-anak, bukanlah hal yang mudah dilakukan. Tapi lain bagi Hj. Nining Nurnaningsih, ibu dari dua orang anak. Sejak tahun 2009 dirinya sudah aktif di organisasi pendidikan usia dini.

Berangkat dari menjadi anggota Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) tingkat desa, dan akhirnya menjadi pengurus tingkat Kecamatan dengan menjabat sebagai Ketua HIMPAUDI Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang selama dua periode berturut-turut.

Dengan aktifnya dalam kepengurusan HIMPAUDI tingkat kecamatan, membuat dirinya mendapatkan kepercayaan untuk menjadi Bendahara II HIMPAUDI tingkat Kabupaten Karawang. Bukan berarti dirinya meninggalkan kepengurusan tingkat kecamatan.

“Saya sendiri masih aktif di kecamatan, tapi bukan lagi sebagai ketua, tapi sebagai penesat HIMPAUDI Kecamatan Jayakerta,” ujar Hj. Nining tersenyum, saat ditemui di kediamannya di Desa Makmurjaya, Kecamatan Jayakerta, Jumat (20/3).

Dikatakan Hj. Nining dengan sapaan akrabnya, kegiatan yang dilakukannya sejak lama bukan berarti untuk iseng, tapi semua itu dilakukan karena merasa terpanggil untuk ikut membantu program pemerintah dalam dunia pendidikan, hanya bedanya kegiatan yang dijalaninya khusus untuk usia dini.

“Bukan berarti anak di atas usia dini tidak kami perhatikan, tapi untuk usia dini menurut saya juga tidak kalah pentingnya. Karena dari usia dini lah yang menjadi landasan untuk menjadikan seorang anak lebih cepat menerima apa yang diajarkannya. Tentunya berkaitan dengan kebaikan, baik pendidikan umum maupun agama, sesuai kemampuan dan kapasitas daya pikirnya,” jelas Bendahara II HIMPAUDI Kabupaten Karawang.

Ketika ditanya kembali apa saja sih tujuannya ikut dan aktif dalam HIMPAUDI, dengan gamblang Hj. Nining mengatakan, tidak ada maksud lain selain panggilan nurani. Bahkan menurut dia, sampai kapanpun dirinya tidak akan diam dan akan berbuat untuk anak-anak dan masyarakat.

“Saya tidak akan diam, bahkan Insya Allah akan terus berbuat semampu saya untuk kemajuan anak-anak usia dini agar lebih pintar dan cerdas. Bahkan untuk masyarakat pun saya juga menginginkan adanya perubahan untuk menjadi lebih baik lagi. Dengan cara bagaimana dan berbuat apa?, lihat saja nanti jika Allah sudah menghendakinya,” tandas Hj. Nining, penuh keyakinan dan semangat. (Supri)