JIB | Cikarang Utara, Bekasi- Desa merupakan kesatuan masyarakat / hukum yang memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul, adat istiadat setempat yang diakui dalam sistem Pemerintahan Nasional dan berada di bawah Pemerintahan Kabupaten. Pemerintah Desa adalah Kepala Desa dan Perangkat Desa, sedangkan kegiatan Pemerintahan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Desa Karangraharja Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi yang sekarang ini merupakan hasil pemekaran dari Desa Waluya Kecamatan Cikarang Utara pada tahun 1983. Dengan adanya pemekaran wilayah tersebut, maka pada tahun 1983 Desa Karangraharja menjadi salah satu kesatuan Desa yang utuh.

Dari terbentuknya Desa Karangraharja pada tahun 1983 sampai sekarang (2014), Desa Karangraharja telah beberapa kali mengalami pergantian Kepala Desa baik Pjs (Pejabat Sementara) maupun Kepala Desa Definitif pilihan masyarakat.

Pada Periode transisi di tahun 1982-1983 Desa Karangraharja dipimpin oleh seorang Pjs Kepala Desa yang bernama Bapak H. M. NEMAT. Dan pada tahun 1983 barulah Desa Karangraharja melakukan pemilihan Kepala Desa untuk pertama kalinya, calonnya Moch NEMAT & M SHODIQ AS yang dimenangkan oleh Bapak MOCh NEMAT, beliau memimpin Desa Karangraharja selama 8 tahun yakni dari tahun 1984 sampai dengan tahun 1992.

Pada tahun 1993 Pilkades ke 2, peserta nya kembali M SHODIQ AS, M SAHRI & H MOCh NEMAT, dari hasil pemilihan Kepala Desa terpilihlah Bapak H. SHODIQ namun kepemimpinan beliau tidak berlangsung lama dikarenakan Bapak Sodik meninggal dunia karena sakit pada tgl 25 Januari 1994, sehingga diangkatlah Pjs bernama Bapak R. SURACHMAN dari staf kecamatan Cikarang Utara.

Dan diadakan pemilihan Kepala Desa kembali yang di ikuti oleh H Moch NEMAT, SODIKIN, ALIDIN /GOLUN, dimenangkan oleh Bapak H. Moch NEMAT. Yang memimpin selama 8 tahun yaitu dari tahun 1994 sampai 2002.

Pada tahun 2002, Pilkades kembali diikuti H, Moch NEMAT & JAKARIA, & Bapak JAKARIA berhasil memenangkan pemilihan kepala desa, dan memimpin Desa Karangraharja selama 5 tahun yakni dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2007.

Pilkades kembali diikuti 6 peserta M. DONALD, JAKARIA, WANDIYOTO, AGUS WINARNO, ALI SOPYAN, UUS.
Di menangkan M DONALD dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2013.

Pilkades kembali diikuti
HM DONALD, AGUS WINARNO, ASEP YAHYA, SUHENDRA AR.
Pada tahun 2013 dari hasil pemilihan Kepala Desa Karangraharja, Bapak SUHENDRA AR, berhasil mendapat kepercayaan masyarakat untuk menjadi Kepala Desa Karangraharja dengan masa bakti dari tahun 2013 sampai tahun 2019.

2020 Pilkades serentak 16 desa se-kabupaten Bekasi
Karang Raharja di ikuti 5 calon
Muniardi SE SH, Suhendra AR, Suparman ,Irwan Arahab,H Haji Donald Donald
Pada tgl 19 April 2020 (red)

NB : Berbagai sumber