JIB | Kabupaten Bekasi,- Dalam rangka mencegah gizi buruk pada ibu dan anak balita ataupun ibu hamil terutama dalam mencegah stunting. Yang di mana giat tersebut untuk mencegah pertumbuhan pada anak menjadi tidak normal seperti terhambatnya pertumbuhan tinggi badan, berat badan, dan lain-lain hal tersebut di karenakan asupan gizi empat sehat lima sempurna pada ibu dan anak balita terutama pada masa ibu hamil dalam asupan gizinya tidak memadai.

Dalam liputan media online jurnalindonesiabaru.com pada Kamis (20/08/2020) Pemdes Cibarusah Kota Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi. Melakukan kegiatan cegah stunting di perumahan Firdaus Residence blok f rt 08/12 di pos yandu mawar 12.

Dalam giat tersebut Iwan Setiawan Kades Cibarusah Kota dan kaur kesra Desa berikut di bantu bidan Desa,ahli gizi dari Puskesmas Cibarusah melakukan giat cegah stunting, yang di mana dalam giat tersebut Iwan Setiawan Kades Cibarusah Kota turun langsung dalam giat cegah stunting. Adapun bantuan yang di berikan dalam giat tersebut untuk ibu dan anak balita berupa susu bubuk danco ukuran 400 gram, susu cair indomilk 150 buah dan untuk program tambahan makanan (pmt) berupa bubur kacang.

Dalam serangkaian giat cegah stunting, yang sudah di lakukan Desa Cibarusah Kota di beberapa pos yandu yang ada di Cibarusah Kota di antaranya perumahan Cibarusah Indah di pos yandu Mawar 11A,11B dan 11C, perumahan taman persada pos yandu Mawar 8A,8B, dan 8C, Kp Loji pos yandu Mawar 9, Kp Pasar Lama rt 02/002 pos yandu Mawar 7A dan 7B, Kp Baru Poponcol pos yandu Mawar 3, Kp Kebon Kelapa pos yandu Mawar 8A dan 8B, Kp Babakan pos yandu Mawar 6. Dan pada Kamis (20/08/2020) untuk giat cegah stunting di lakukan di pos yandu Mawar 12 di perumahan firdaus residence blok f.

Iwan Setiawan Kades Cibarusah Kota saat di tanya perihal giat tersebut menuturkan,” Alhamdulillah untuk kegiatan cegah stunting Pemdes Cibarusah Kota dari Tahun 2019 sudah melakukan giat tersebut dan malah di tahun tersebut, kami mengalokasikan anggaran satu tahun untuk giat cegah stunting dan semua kegiatan cegah stunting pada tahun 2019, kami dokumentasikan untuk kegiatannya dan dokumentasi kegiatan Pemdes Cibarusah Kota kami simpan dengan baik atau masih ada ucapnya.

Pada Tahun 2020 ini, kami lanjutkan giat cegah stunting tersebut pada pos yandu yang berada di wilayah Desa Cibarusah Kota. Dan tentu giat cegah stunting kami lakukan pada pos yandu yang belum pernah tersentuh dalam giat tersebut.

Kata Iwan giat kami lakukan secara berkelanjutan dan merata dalam mencegah stunting hal tersebut kami lakukan dalam upaya membantu pada ibu dan anak balita terutama dalam hal asupan gizi yang sehat dan sempurna dan walaupun bantuan dari kami hanya berupa susu bubuk dancow, susu indomilk cair dan di tambah makanan tambahannya berupa telor dan lain-lain, dan makanan tambahan di tiap pos yandu bisa berbeda-beda atau tidak sama.

Semoga dengan di lakukanya giat cegah stunting di tiap pos yandu oleh Pemdes Cibarusah Kota, kami dapat membantu cegah stunting pada ibu dan anak di Cibarusah Kota ini dalam asupan gizi yang sehat dan sempurna pungkasnya.(Dedy)