JIB | KABUPATEN BEKASI- Kepala Seksi Konsumsi pangan (Kasikop) Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi, Aris Sadikin Asnawi mengakui bahan pangan di 23 kecamatan masih terpantau aman menjelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hal tersebut ia katakan saat kunjungan kerja disejumlah pasar, beberapa hari lalu (3/5). Stock pangan terbilang aman dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pada bulan puasa ini.

“Hasil survai yang kami lakukan di seluruh pasar tradisonal ketahanan pangan masih aman,” kata dia.

Selain stock, Aris menyebutkan, kita juga melakuakan pengujian keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) diseluruh titik.

“Pengujian kandungan pestisida, formalin pada sayur mayur segar, klorain pada beras,” sebutnya.

“Ada pun jikalau ada penemuan makanan yang mengandung formalin, Pestisida dan Klorain akan kita laporkan ke Otoritas kewenangan keamanan pangan daerah (Okkpd).

“Untuk pemasok sayur mayur dan buah buahan yang sebagian besar berasal dari luar daerah kami Dinas Ketahanan pangan menghimbau agar para pemasok lebih mengutamakan mutu, kesegaran segaran dan jauh dari pestisida yang membahayakan bagi konsumen nya.

” Untuk makanan dan bahan pangan yang tidak sesuai atau melanggar, kita dinas Ketahanan pangan akan bekerja sama dengan otoritas kewenangan keamanan pangan daerah (Okpd) untuk memberikan tindakan demi memberi rasa aman pada konsumen dan tentu nya demi menjaga kesehatan masyarakat kabupaten Bekasi khusus nya,. Tandas nya. (Prabu)