Jurnal Indonesia Baru

Relawan Satgas Covid-19 BNPB Pada gerakan Mobil Masker untuk Masyarakat di Rekomendasikan Dari LPBINU Kota Bekasi



JIB | KABUPATEN BEKASI – Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memasifkan pembagian masker kepada masyarakat melalui Gerakan Mobil Masker Untuk Masyarakat. Gerakan ini dimaksudkan agar program pemerintah sebagaimana disampaikan oleh Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan khususnya memakai masker bisa dilaksanakan oleh semua lapisan masyarakat.

Selama ini, untuk masyarakat khususnya golongan ekonomi lemah, memakai masker memiliki implikasi kewajiban untuk membeli masker yang mungkin menjadi hal yang memberatkan. Untuk menanggulangi hal ini, BNPB akan memasifkan pembagian masker gratis khususnya di titik-titik aktifitas masyarakat seperti pasar, tempat ibadah dan lain-lain. Untuk gelar pertama, kegiatan ini akan dilakukan di wilayah Penyangga Ibu Kota Jakarta yang dimulai dari hari senin hingga saat ini masih berjalan. Selanjutnya kegiatan ini akan diteruskan di provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Agung Lesmana S.E Ketua LPBINU Kota Bekasi antusias menyongsong gerakan Mobil Masker yang diadakan oleh BNPB dengan rekomendasikan anggota terbaik sebagai Relawan Satgas Covid-19 BNPB pada program Gerakan Mobil Masker tersebut.

“Saya sangat antusias dengan Program Gerakan Mobil Masker yang direalisasikan oleh BNPB, sehingga kami dari LPBINU Kota Bekasi merekomendasikan anggota terbaik kami agar dapat ikut andil pada kegiatan Mobil Masker tersebut. Sehingga kita bisa bersama-sama membantu pemerintah dalam memutus penyebaran virus Covid-19 di beberapa Kota penyanggah bilkhusus di Kota bekasi,” ucap Agung.

Seharusnya Pemerintah Kota bekasi dan LPBINU Kota Bekasi segera mungkin bersama-sama saling membangun sinergitas dalam memperhatikan dan menghimbau kepada Masyarakat Kota Bekasi untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan, guna meminimalisir terpaparnya masyarakat dari virus Covid-19 yang kini tengah kita hadapi di kota bekasi. Tegasnya.

Sebanyak 20 armada Mobil Masker BNPB dan kurang lebih 60 anggota Duta Perubahan Perilaku termasuk anggota dari Lembaga Penanggulangan Bencana Dan Perubahan Iklim NU Kota Bekasi, kemudian menuju ke sejumlah lokasi yang telah ditentukan. Sesuai rencana, tim-tim yang bertugas bersama Mobil Masker BNPB tersebut akan menyisir ke beberapa titik lokasi yang tersebar di wilayah Tangerang, Depok, dan Bekasi. Sasaran pembagian masker ini mengarah ke beberapa tempat aktivitas masyarakat seperti pasar tradisional, pedagang kaki lima, terminal dan stasiun.

Melalui kegiatan Mobil Masker BNPB tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih patuh dan disiplin protokol kesehatan, meliputi kesadaran untuk selalu meningkatkan disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. (AS)