KECAMATAN CIBARUSAH ADAKAN PEMBINAAN RT/RW

JIB | Bekasi,- Pembinaan dan peningkatan kapasitas Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) kecamatan Cibarusah dilakukan di kabupaten Bekasi, hadir dalam kegiatan tersebut camat Cibarusah,kasi perintahan ketua forum RT RW dan Nara sumber pengawas desa kecamatan Cibarusah sekaligus sosialisasi program pemerintah setempat.


Hari ini, senin (25/10/2021) PJS Bupati Dani memberikan pembinaan dan peningkatan kapasitas ketua RT/RW di empat kecamatan sekaligus yakni Kecamatan Cibarusah,acara tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas Ketua RT/RW dalam upaya pembangunan desa di Kabupaten bekasi

Ia menambahkan, RT sebagai ujung tombak pelayanan pemerintah kepada masyarakat mempunyai peran penting untuk menjaga itu semua,karena itu, RT adalah orang yang dianggap lebih mengenal warganya,Selain itu tugas RT sama dengan tugas dari perangkat desa, yaitu membantu kepala desa dalam memberikan pelayanan,RT juga memiliki peran membantu pemerintah dalam menyampaikan program-program pemerintah. “Sehingga, program yang dilaksankan pemerintah bisa sampai ke masyaraka,” tandasnya.

Sementara itu,camat Cibarusah menyampaikan, bahwa pembinaan dan penguatan kapasitas ketua RT/RW ini dilakukan dalam upaya pembangunan desa di Kabupaten bekasi Karena itu, perlu adanya sinergitas bersama,supaya setiap kebijakan program yang dibuat atau direncakan Pemkab Bekasi bisa sampai kepada sasaran yang telah ditentukan,” katanya.

RT memiliki peran yang cukup penting dalam pemerintahan. Karena sejatinya dalam setiap dokumen pemerintahan pastinya meminta pengantar dari RT/RW. Tanpa pengantar dari RT kepala desa tidak bisa mengeluarkan surat pengatar,Jika ada kepala desa yang bisa mengeluarkan surat pengantar tanpa ada pengantar dari RT bisa dipastikan itu melanggar aturan yang ada,” ucapnya.

Maka dari itu, Kepala Desa harus bisa menjaga harmonisasi dengan ketua RT di desanya. Agar jalannya roda pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik. Selain itu, RT juga wajib membantu pemerintah dalam mensosialisasikan program yang telah dibuat atau direncanakan pemerintah.

Dan camat Cibarusah mengatakan kami mengucapkan banyaj terimah kasih pada RT RW untuk membantu perintah kecamatan dan TNI polri dan puskesmas membantu kami berjalan nya vaksinasi di kec Cibarusah hampir 80% sudah di vaksinasi. (End)