JIB | Bandung, Dimensi informasi berkembang dengan pesat dengan ruang dan waktu yang tidak terbatas. Media sosial menjadi sarana publik dalam penyampaian informasi yang dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun, dengan mudahnya akses informasi tentunya timbul persoalan baru salah satunya adalah banyak beredarnya kabar HOAX.

Untuk mencegah hal tersebut Direktorat Intelkam Polda Jabar melakukan literasi bijak dalam menggunakan media sosial kepada masyarakat, Melalui CMSGO IPDA Taufik menyampaikan pentingnya bijak dalam penggunaan media sosial bagi masyarakat untuk dapat menyaring informasi yang beredar pada media sosial.

Lanjutnya Taufik mengatakan “bahwa informasi yang didapatkan atau yang akan di sebarkan hendaknya di lakukan pengecekan lebih lanjut untuk mengetahui kebenaran informasi tersebut sehingga informasi yang akan sebarkan bukanlah informasi HOAX”.

Selain mensosialisasikan bijak dalam menggunakan media sosial Taufik juga mengingatkan pentingnya untuk tetap menjaga privasi dan keamanan karena banyaknya penipuan dan peretasan yang dilakukan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab yang menyebabkan kerugian dalam berbagai macam bentuk.

Dalam sosialisasi kepada CMSGO, Kusdiana selaku ketua mengatakan apresiasi yang mendalam kepada DIT INTELKAM Polda Jabar dalam rangka Sosialisasi Bijak dalam menggunakan media sosial karena sangat bermanfaat dan memberikan wawasan baru bagi mereka.