Jurnal Indonesia Baru

Pemdes Cibarusah Kota Adakan Syukuran Untuk Hormati Para Leluhur





JIB | Kabupaten Bekasi – Beberapa warga dan Pemerintah Desa Cibarusah Kota tengah mengadakan acara tradisi tasyakuran sedekah bumi pada Kamis (30/12) yang diadakan di makam Syaikh Maulana Syainan Jaya Ratu atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ki Sena,makam tersebut berada di Desa Cibarusah Kota, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

Tasyakuran Sedekah bumi adalah salah satu tradisi atau budaya jawa yang sampai saat ini masih dilestarikan oleh sebagian masyarakat di Pulau Jawa.

Acara tersebut dihadiri pula oleh Jajaran Pemerintah Desa Cibarusah Kota, para tokoh masyarakat sekitar dan Babinsa Cibarusah Kota, acara berlangsung dengan lancar dan kondusif serta memakai protokol kesehatan tentunya.

Raden Cecep Muharam (60 tahun) selaku tokoh masyarakat dan juga Ketua Pencak Silat Cibarusahan Sena Putra, menerangkan bahwa acara yang diadakan setahun sekali tersebut tidak lepas dari budaya para leluhur.

“Acara ini adalah salah satu bentuk cara menghormati budaya leluhur kita, kita berdoa bersama – sama dan yang dibalik makam tersebut adalah salah satu tokoh agama yang datang ke Cibarusah dalam rangka Syiar Islam.” kata Cecep.

Masih ditempat yang sama, Iwan Setiawan selaku Kepala Desa Cibarusah Kota menjelaskan kepada awak media bahwa acara tasyakuran sedekah bumi tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya karena acara diadakan ditengah PPKM Level 1,sehingga yang hadir dibatasi.

“Untuk acara tahun ini berbeda dengan acara tahun kemarin, karena situasi dan kondisi kita sedang PPKM Level 1,jadi kita tetap menggunakan protokol kesehatan” ujar Iwan.

Menurut Iwan acara Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas semua karunia-Nya, sebagai simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada para leluhur, para pejuang Syiar Islam, dan para orang tua kita yang sudah wafat.

“Ini bentuk rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas karunia-Nya, ini juga bentuk penghormatan kami kepada para leluhur dan pejuang Syiar Islam di tanah Cibarusah, kami pun mendoakan para orang tua kami yang sudah wafat.” pungkasnya. (WW/End)