Jurnal Indonesia Baru

Korban Longsor Tanggul Citarum, Sigap BPBD Kabupaten Bekasi Berikan Bantuan

JIB | CABANGBUNGIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi melakukan upaya gerak cepat ke lokasi terjadinya longsor tanggul sungai Citarum di Kampung Tapak Serang Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabang Bungin pada Rabu (12/01/2022). 

BPBD telah memberikan bantuan kepada korban yang terdampak dari longsornya tanggul Citarum tersebut dan memasang rambu kebencanaan.

“Kami telah memberikan bantuan terpal, tikar, matras dan kasur lipat untuk warga yang terkena dampak dari tanggul longsor itu,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Henry Lincoln.

Henry mengatakan bantuan itu diperuntukan bagi warga yang terdampak langsung dari longsor tanggul tersebut. Diketahui ada sekitar tiga rumah yang terkena longsoran tanggul Citarum. Di antara ketiga rumah tersebut, satu rumah mengalami rusak berat dengan kondisi atap ambruk.

“Ya betul bantuan tersebut diperuntukkan bagi tiga rumah yang terdiri dari tiga kepala keluarga,” katanya.

Sebelumnya, longsor tanggul Sungai Citarum kembali terjadi pada Rabu (12/01) dini hari akibat hujan deras. Titik longsor tersebut berada di Desa Lenggah Jaya Kecamatan Cabangbungin dengan kedalaman longsor sekitar 3 meter dan panjang 300 meter. Pantauan dari BPBD Kabupaten Bekasi, di lokasi tersebut terjadi keretakan kembali sepanjang 15 meter.

Pihaknya menyebutkan, kondisi tanggul saat ini masih dilakukan perbaikan oleh pihak BBWSC dan pemantauan oleh BPBD Kabupaten Bekasi, Muspika Cabangbungin dan Pemerintah Desa Lenggahjaya. (Sup)