JIB | BANDUNG– Ketua STEI LPPM Bandung Barat Dr. H. RM Imam I. Tunggara,M.Pd  mengatakan, bahwa Saat ini negara kita telah memasuki era digitalisasi dan globalisasi sesuai revolusi indutri 5.0 dalam dunia pendidikan menekankan pendidikan karakter , moral dan keteladanan.

Namun hal itu dikarenakan ilmu yang kita miliki saat ini akan tergantikan dengan kemajuan teknologi, akan tetapi penerapan keahlian softkill dan hardkill itu tidak dapat tergantikan oleh perkembangan teknologi.

Oleh karena itu revolusi industri yang pada saat ini kita laksanakan dan yang sedang berjalan yaitu revolusi 5.0 menekankan pada perguruan tinggi untuk menghadapi hal seperti ini tentunya menyiapkan sumber daya manusia yang handal, sumber daya manusia yang mempunyai keahlian di bidang masing masing yang nantinya akan terus bersaing dengan para lulusan lulusan perguruan tinggi yang lainnya, ungkap Imam tunggara seperti dilansir dari globalmedianews.co.id  dalam sambutannya  saat memimpin  sidang senat terbuka wisuda Sarjana ekonomi angkatan Ke 3 tahun 2022 STEI LPPM Bandung Barat yang dilaksanakan di Hotel grand pasundan, Kota Bandung, pada Kamis (13/01/2022).

Menurutnya, agar dapat dicapai oleh perguruan tinggi, maka perguruan tinggi harus menyiapkan beberapa hal yang dapat menopang terhadap perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi.

Revolusi industri ini menjadi tantangan bagi lulusan atau bagi alumni STEI LPPM Padalarang kab. Bandung barat, maka harus menyiapkan diri karena seaat alumni  setelah keluar dari perguruan tinggi itulah merupakan dunia nyata yang menghadapi lapangan kerja.

‘’Jadi diperlukankan keahlian ,keterampilan hardskill dan softskill untuk menjawab semua tantangan tantangan seperti itu’’ katanya.

Lebih lanjut Imam Tunggara menerangkan, Revolusi industri ini dimulai pada tahun 1780 dan berjalan sampai saat ini yang merupakan suatu terjadinya perubahan yang besar- besarab terhadap perkembangan teknologi dan informasi.

Sehingga revolusi industri merupakan upaya untuk menuju kepada perbaikan kepada dunia informasi dan dunia informatika, seperti yang kita saat ini lihat di situs – situs online yang sudah merambah di mana mana.

Pihaknya berpesan kepada 48 wisudwan/wati lulusan STEI LPPM Bandung Barat yang sudah berhasil menyandang Sarjana Ekonomi, bahwa wisuda ini bukan akhir dari perjuangan kalian, perjuangan sukses orang tua sukses kita bersama, bahwa kita melihat kesuksesan itu bukan dipandang daripada kalian telah dipandang kalian telah  menjadi seorang sarjana, kalian sudah menjadi sarjana ekonomi tapi  kesuksesan dapat kita raih dari beberapa hal.

Mahasiswa lulusan alumni STEI LPPM Bandung Barat harus sudah siap dengan perkembangan teknologi revolusi industri 5.0,ujarnya.

Selain itu Imam Tunggara mengatakan, bahwa kesuksesan dapat kita raih  dengan cara para alumni sudah harus mempunyai beberapa hal yang harus ditekuni, yang pertama para alumni  setelah lulus harus mempunyai mimpi besar (big dream) , bagimana kalian untuk meraih sukses itu  harus dimulai dari mimpi, mimpi itu bukan mimpi sambil tidur tapi mimpi sambil bekerja.

‘’kerja keras, kerja ikhlas  dan kerja tuntas, ini yang harus kalian kerjakan Dan kunci kunci sukses dapat kalian raih sebaik baiknya”,ungkapnya.

Marilah kita bermimpi utuk meraih kesuksesan mulai dari diri kita sendiri, mulai dari kampus kita  sendiri, bagaimana kita bisa meraih mimpi besar kita.

Namun mimpi besar ini tidak akan terwujud oleh kalian, walaupun kalian mempunyai cita-cita setinggi langit, mempunyai cita cita besar, tapi cita cita itu tidak akan dapat diraih tanpa kerja keras.



Menurutnya kerja keras sangat penting untuk meraih sebuah cita cita , meraih harapan harapan kita , meraih mimpi mimpi kita .kalian tentunya punya harapan punya cita cita dan punya keiinginan ,’’mau seperti apa saya kedepan’’.

Mahasiswa STEI Lppm Bandung Barat mesti sudah memikirkan bagaimana saya kedepan,bukan bagimana nanti (kumaha engke,red) tapi sudah  dengan du hal tadi yaitu mempunyai mimpi besar ,kerja keras dan yang ketiga ,kalian  tidak boleh menyerah, terus berjuang terus melakukan hal baik terus yang terbaik unytuk didri kalian , untuk orang tua nusa bangsa dan agama kita,

Pihaknya berharap kepada para lulusan STEI LPPM Bandung Barat itu harus bisa menjadi generasi – generai yang berguna bagi Nusa, bangsa dan agama.

‘’Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat ketika kalian sudah menjadi seorang sarjana, ilmu yang kalian sudah diperoleh dari kampus, bangku kuliah kalian terapkan di masyarakat’’ujarnya.

Amalkanlah ilmu yang kalian dapatkan untuk kemajuan masyarakat dan tetap berpedoman kepada diri kita sendiri, berpedoman pada bagaimana kita ingin maju dan berkembang. Seperti dikutip oleh bung karno ‘’Gapailah cita cita setinggi langit walaupun kalian jatuh akan jatuh bersama bintang bintang, begitupun kalian meraih mimpi – mimpi yang besar mimpi yang setinggi langit tidak jadi masalah, tapi ketika kalian jatuh kalian akan jatuh bersama bintang bintang artinya jika kalian gagal kalian tidak boleh menyerah, tidak boleh putus asa, terus maju dan terus berkembang.

Hari ini kalian sudah menyandang sarjana ekonomi, tinggal bagaimana kalian diterapkan didunia nyata, karena persaingan dunia kerja cukup ketat apalagi sekarang dunia, bangsa kita sedang diterpa oleh virus covid 19, mudah mudahan virus ini berlalu  sehingga dunia kerja bisa terbuka seluas-luasanya.

Ia juga berpesan kepada para alumni lulusan  STEI LPPM  Bandung Barat ini agar senantiasa bisa menjaga almamater kampus kita tercinta bersama sama.

Kesuksesan, keberhasilan saudara – saudara ini bukan semata mata sukses atas keberhasilan diri sendiri tapi keberhasilan hari ini yang pertama semata mata karena Alloh SWT, bahwa alloh lah yang telah memberikan rahmat kepada kalian dan memberikan ridho kepada kalian dalam meraih gelar sarjana, yang kedua berterima kasihlah kepada orang tua,ucapnya.

Biro Bandung Barat : Rahmat GMN