JIB | Kabupaten Bekasi – Tanggal 1 Juni 2022 adalah momentum Hari Lahir Pancasila menjadi pengingat bagi kita sebagai anak bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah dari pendirian bangsa negara ini. Syahdan peringatan ini sebagai pengejawantahan nilai nilai luhur dari Sila Pancasila yang termuat salah satunya menjaga nilai Persatuan, kesatuan dan solidaritas sesama anak bangsa dengan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Pusat Bantuan Hukum Satria Advokasi Wicaksana (DPP PUSBAKUM SAW) Muhammad Reza Putra, Pancasila adalah simbol dari keberagaman bangsa, dari keberagaman ini nilai-nilai tali persaudaraan, persatuan, kesatuan yang lahir dari beragam suku, budaya, bahasa dan agama namun tetap bersatu dalam rumah besar, Indonesia.

Pancasila itu lahir dari akar tradisi dan budaya dari berbagai macam suku bangsa Nusantara Indonesia, walau beda warna kulit, beda bahasa, beda agama, tapi kita dipersatukan oleh jiwa Pancasila, dan hal luhur yang diterjemahkan oleh bangsa ini adalah semangat gotong royong dan keguyuban yang menjadikan identitas kekuatan bangsa ini dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika. Papar Reza di Bekasi, kepada Suara Advokasi Wicaksana News, Rabu (01/06/2022)

DPP PUSBAKUM SAW dan seluruh jajaran pengurus silaturahmi bersama di Balairung Kota Cinema Bekasi, Selasa (31/05/2022), mencoba merefleksikan nilai nilai luhur Pancasila sebagai arah penuntun bangsa ini, diharapkan seluruh kader-kader PUSBAKUM SAW untuk kembali mengkristal kan dalam hati membumikan dan mengaktualisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan seluruh kader-kader PUSBAKUM SAW di Indonesia untuk tetap menjadi pelopor dan contoh dalam mengimplementasikan nilai-nilai luhur dalam sila sila Pancasila, sehingga apa yang dikhawatirkan bagi mereka yang merongrong keutuhan Pancasila tidak akan pernah terjadi di bumi Indonesia tercinta ini. Tutur Reza

Reza menyampaikan dalam sambutan penutupnya, bahwa Kader Kader PUSBAKUM SAW akan selalu konsisten dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dan selalu siap menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia serta selalu memperingati kelahiran Pancasila sebagai dasar negara NKRI setiap tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Tuturnya. (End)