JIB |™Kabupaten Bekasi- Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi berencana membangun pasar agribisnis yang khusus menjual komoditas pertanian guna mendongkrak pemulihan ekonomi akibat terdampak pandemi COVID-19.

“Dalam waktu dekat, sedang dilelang. Lokasinya di Kecamatan Cibarusah,” kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Cipta Kerja dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi Beni Saputra.

Menurut dia, berdasarkan laman resmi layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kabupaten Bekasi, pasar dan sentra agribisnis ini tengah dilelang dengan pagu anggaran sebesar Rp4,9 miliar.

“Saat ini proses lelang sudah memasuki tahapan evaluasi administrasi, kualifikasi teknis, dan harga,” katanya.

Terang dia, rencana pembangunan pasar agribisnis ini berawal dari usulan sejumlah masyarakat yang disampaikan melalui forum musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang). Dari usulan tersebut kemudian diaplikasikan pemerintah daerah.

Pasar agribisnis merupakan suatu tempat dimana pedagang dan pembeli melakukan transaksi khusus produk pertanian dengan harapan penjualan di sektor tersebut dapat ditingkatkan.

Beni mengaku dengan luas lahan pertanian di Kabupaten Bekasi, keberadaan pasar agribisnis ini sangat diperlukan untuk memangkas jalur distribusi sebab petani dapat memasarkan hasil-hasil pertanian langsung ke pembeli.

“Pembangunan pasar agribisnis ini juga sebagai salah satu upaya pemerintah daerah mendongkrak pemulihan ekonomi masyarakat akibat terdampak pandemi COVID-19,” tandasnya. (Adv)