Jurnal Indonesia Baru

Deklarasi LSM Triga Nusantara Indonesia, Lahirnya Untuk Kesatuan dan Persatuan NKRI

JIB | Kabupaten Bekasi – LSM Triga Nusantara Indonesia (Trinusa) gelar Gebyar Deklarasi akbar seluruh Indonesia di Perum Grand Cikarang City, Desa Karang Raharja, Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, yang bertepatan pada hari pahlawan 10 November 2022.

Dalam deklarasi tersebut Turut hadir H.Zakaria, H.Obing Fahrudin selaku Dewan Pembina DPN Trinusa, H.Apuk Idris, HK Damin Sada, selaku tokoh dan tamu kehormatan dan beberapa ketua dari LSM, Ormas dan OKP lainya.

Dalam sambutanya Dewan Pembina Triga Nusantara DPN H.Zakaria bahwa Trinusa lahir setelah melewati perjalanan panjang dan dirinya sebagai saksi dari perjalanan tersebut.

“Triga Nusantara Indonesia ini lahir dari perjalanan panjang dan saya sendiri sebagai saksi dari perjalanan panjang ini, Saya yakin dan saya percaya bahwa Triga Nusantara ini adalah bagian dari beberapa organisasi yang melekat di Bekasi ini, dengan tegak dan perkasa untuk NKRI,” Ucapnya.

Saya bangga saya peecaya bahwa ketum Ttiga Nusantara sebagai salah satu bagian dari pahlawan muda bekasi untuk bekasi yang jaya sebagai Pajajaran Baru di Bekasi,” Tambahnya.

H.Rahmat Gunasin atau H.Boksu sebagai Ketua Umum LSM Triga Nusantara sangat yakin karena Trinusa ini sama artinya dengan Tri Jayanti yang mengartikam bahwa semua kembali kepada Ibu Pertiwi yaitu Nusantara Negara Indonesia.

“Adanya Tri Nusa artinya adanya Tri Jayanti yang artinya kembali Nusantara Indonesia, Insya Allah kita berdoa dihari pahlawan, maka dari itu kita adakan acara deklarasi ini bertepatan pada hari Pahlawan,” Ucap H.Boksu dalam sambutanya.

“Tanggal 4 Agustus 2022, bertepatan pada tanggal 3 bulan Muharram, Tri Nusa lahir dan adanya Triga Nusantara ini melalui tirakat saya, Saya akan menjadi musafir nusantara dalam 1 sampai 2 tahun ini, karena saya berasal dari musafir yang berasal dari Haram Jadah menjadi Sajadah,” Tambah Ketua Umum H.Boksu.

“Insya Allah lahirnya Trinusa menjadi kita semua yang mencintai Nusantara yaitu Indonesia, ini tandanya lahirnya Pajajaran Baru apa yang dikatakan oleh Dewan Pembina kita, dengan adat dan budaya Nusantara, Indonesia sangat kaya, kita rugi kalau kita tidak mengenal budaya Indonesia yang sangat kaya,” Ungkapnya.

H.Boksu berpesan untuk keluarga Tri Nnusa
“Kita hargai dan hormati orang yang menghargai kita tetapi apabila kita atau lambang kita tidak dihargai maka lawan dan jangan kita hargai,” Pesan Ketua Umum Tri Nusa.

Dalam acara tersebut juga turut dikukuhkan nya IWANI dan Ibu Sinta Istiqomah Ketum Ikatan Wanita Nusatara Indonesia yang dalam sambutanya mengatakan bahwa hadirnya LSM Triga Nusantara Indonesia ini membuktikan peesaudaraan dan tanpa adanya kekerasan serta perdebatan untuk NKRI, dan mengatakan bahwa dirinya bangga karena IWANI menunjukan produk-produk UMKM dari berbagai daerah.

“Tanpa ada kekerasan tanpa ada permusuhan dan perdebatan di bumi NKRI ini, kita disini bangga dengan ibu ibu Iwani yang membawa karya nya dari beberapa daerah yaitu produk UMKM nya, kita disini juga mengikuti program pemerintah dengan beberapa pertunjukan budaya, Triga Nusantara ini bukan milik saya bukan milik Ketum Triga Nusantara namun milik kita semua,” Terangnya.

Ditempat yang sama Sekretaris Jendra DPN Triga Nusantara Samsudin mengatakan lahirnya Ttiga Nusantara untuk masyarakat Indonesia yang mampu bersaing terutama Kabupaten Bekasi bahwa Masyarakat harus kerja kalau tidak kerja dead, yang artinya akan mendorong masyarakat untuk bisa memiliki penghasilan dan akan tumbuh sebagai owner salah satunya melalui UMKM sesuai dengan slogan Tri Nusa Peduli Anak Negeri.

“Insya Allah hadirnya Triga Nusantara inu untuk mendorong masyarakat agar memiliki penghasilan yang nantinya melalui UMKM, Msayarakat harus kerja kalau tidak kerja dead sesuai dengan slogan kami yaitu Trinusa Peduli Anak Negeri,” Pungkasnya.

(Biro Bekasi : Endang Prabu