Selamatkan Aset BUMDes, Kades Kedungjaya Ambil Sikap

JIB| Karawang,- Dengan tidak normalnya dalam beraktivitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pelangi Berkah Jaya di Desa Kedungjaya, Kepala Desa Kedungjaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang, ambil sikap demi penyelamatan asetnya, Senin (16/01/23).

Tarjan Sujana, S.Pd, waktu ditemui Jurnal Indonesia Baru (JIB) Senin (16/01/23) diruang kerjanya mengatakan, bahwa dirinya ambil sikap untuk mengamankan aset BUMDes bertujuan untuk penyelamatan demi nama baik BUMDes di Desanya.

“Sebelum mengamankan aset BUMDes dengan nominal uang sejumlah…, sebelumnya kita lakukan koordinasi terlebih dahulu bersama pengurus BUMDes. Hal tersebut sehingga mendapat respon yang baik dari para pengurus BUMDes,” ucapnya.

Lanjutnya mengatakan, yang di lakukan nya tidak ada untuk bertujuan demi kepentingan pribadi, namun yang di lakukan nya untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, karena sifatnya yang berkaitan dengan finansial itu sangat rentan.

“Yang kita lakukan dalam mengamankan aset BUMDes itu sifatnya hanya sementara, tetapi ketika pihak BUMDes progresnya sudah jelas dalam pengelolaannya dengan sesuai ketentuan, maka kitapun akan menyerahkan kembali aset tersebut,” ujarnya.

Untuk selanjutnya dirinya sangat berharap agar di 2023 dapat tersalur sesuai ketentuan dalam usaha BUMDes dengan kegiatan di bidang ekonomi dan atau pelayanan umum yang dikelola secara mandiri oleh BUMDes itu sendiri.

“Semoga kedepannya dapat mengelola usaha dan juga memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, serta menyediakan jenis usaha lainnya,” pungkasnya. (Sule/Ey – Amir)