Jurnal Indonesia Baru

Pemdes Kutaampel Realisasikan Dana Desa Sesuai Harapan Masyarakat

JIB | Karawang, – Penggunaan dana desa tahap 1 tahun 2023, yang dikelola Pemerintah Desa Kutaampel Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang, dialokasikan untuk peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan, dan 1 unit mobil ambulance. Hal tersebut sesuai harapan masyarakat, Minggu (26/03/23).

Dikatakan, Kusnadi yang sapaannya Abew sebagai Kaur Keuangan di Desa Kutaampel, bahwa untuk penggunaan dana desa tahap 1 tahun 2023, Pemerintah Desa Kutaampel, telah diimplementasikan untuk peningkatkan pemberdayaan masyarakat.

“Pemerintahan Desa Kutaampel, dalam penggunaan dana desa selain dapat meningkatkan pembangunan diberbagai sektor juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi warga sekitar,” ucapnya.

Sedangkan untuk penggunaan dana desa tahap 1 tahun 2023, menurutnya dipergunakan untuk pembangunan turap di saluran tersier demi memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar, sehingga pembangunan tersebut akan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Harapan saya dapat menjaga kerukunan antar para warga tani, dengan skala prioritas yang dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip yang dapat menjamin pemanfaatan sumber daya secara optimal,” terangnya.

Lebih lanjut mangatakan, dalam melealisasikan dana desa selain pembangunan turap diperuntukkan 1 unit mobil ambulance, karena pemanfaatan ambulance desa itu juga sangat optimal karena masyarakat telah mengetahui keberadaan ambulance desa, sehingga warga tidak kesulitan menggunakan fasilitas yang telah disediakan.

“Ambulance desa itu disediakan untuk mempercepat pelayanan kesehatan masyarakat terkait transportasi warga yang sakit untuk berobat ke puskesmas terdekat maupun ke rumah sakit,” jelasnya. (Sule/Ey)