Jurnal Indonesia Baru

Pemdes Telukambulu Realisasikan DD 2023 Tingkatkan Sarana Prasarana Infrastruktur Pembangunan

JIB | Karawang, – Dalam Penggunaan Dana Desa tahap 1 tahun 2023, Pemerintahan Desa Telukambulu, Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang, diperuntukkan peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan. Hal ini tentunya telah membuktikan dengan kerja kerasnya Pemdes sehingga dapat terciptanya kebersamaan antara masyarakat dengan Pemerintah Desa, Minggu (26/03/23).

Dikatakan, seorang warga Dusun Karajan 1 Desa Telukambulu berinisial (BN), bahwa Pemerintah Desa Telukambulu dalam merealisasikan Dana Desa tahap 1 tahun 2023, yang digelontorkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa telah dipergunakan untuk membangun jalan lingkungan di Dusun Karajan 1 di beberapa titik.

“Setelah di bangunnya jalan lingkungan dapat menjaga kerukunan antar warga dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Dengan skala prioritas yang dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip yang dapat menjamin pemanfaatan sumber daya secara optimal,” ucapnya.

Menurutnya, jalan lingkungan di Dusun Karajan 1 yang sudah dikerjakan kini mulai dapat dirasakan manfaatnya. Jalan tersebut pun kini sudah bisa dinikmati masyarakat setempat, sehingga bisa memperlancar akses transfortasi warga, karena selama ini menurutnya kondisi jalan-jalan tersebut sudah rusak parah dan memerlukan pembangunan.

“Semua realisasi Dana Desa untuk peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan dalam pelaksanaannya secara swakelola dengan melibatkan masyarakat Desa sendiri, sehingga masyarakat pun turut berperan aktif dalam kegiatan pembangunan desa,” terangnya.

Lanjutnya mengatakan, selain membangun jalan lingkungan Dana Desa diperuntukkan Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dalam pelaksanaan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, dengan memberikan honorarium (upah) langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat.

“Dengan adanya pelaksanaan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) di Desa Telukambulu yang dibiayai Dana Desa 2023 dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Sule/Ey)