Jurnal Indonesia Baru

Pemdes Sarijaya Realisasi DD 2022 Jalankan Ketahanan Pangan Dengan Budidaya Ayam Petelur

JIB | Karawang, – Rangka pengembangan program ketahanan pangan, Pemdes Sarijaya Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang, merealisasikan Dana Desa (DD) Tahun 2022 dengan menjalankan usaha peternakan ayam petelur, Selasa (02/05/23).

Dian Sudianto sebagai Kepala Desa Sarijaya Kecamatan Majalaya menyampaikan, sesuai aturan dalam pengolahan DD tahun 2022, sedikitnya 20 persen, untuk program ketahan pangan dan hewani.

“Untuk itu Pemdes melaksanakannya dengan kegiatan peternakan ayam petelur, dan ini pun sekaligus merealisasikan hasil kesepakatan dalam musyawarah bersama semua pihak,” terangnya.

Menurutnya, bahwa apa yang dilakukan oleh Pemdes Sarijaya ini sebagai dalam rangka upaya untuk peningkatan ekonomi masyarakat serta guna sehingga dapat mendorong Pendapatan Asli Desa (PADes).

Dijelaskannya, adapun lokasi ketahan pangan dan hewani menurutnya sangat ideal karena agak jauh dari permukiman warga, sehingga tidak berdampak terhadap lingkungan sekitar, di mana lokasi peternakan ayam petelur itu berada.

“Ini dikarenakan limbah dari ayam petelur tersebut pun, dimanfaatkan oleh warga setempat untuk pakan ikan lele, yang keberadaannya tidak jauh dari lokasi kandang ayam petelur,” ujarnya.

Lebih lanjut Dian Sudianto menyampaikan, untuk hasil produksi telur itu sendiri, saat ini untuk sementara waktu dipasarkan ke masyarakat Sarijaya, dengan harga relatif terjangkau, sehingga pemanfaatannya dapat dikonsumsi langsung oleh masyarakat.

“Dengan demikian, ini secara langsung mendukung dan menciptakan ketahanan pangan di Desa Sarijaya Kecamatan Majalaya, agar tidak bergantung dengan pasokan atau pengiriman dari luar desa,” ujarnya.

Dirinya berharap, usaha ayam petelur yang dikembangkannya ini akan terus berkembang dan meningkatkan ekonomi masyarakat serta pendapatan asli desa. Dan lanjutnya, ke depannya dalam pengelolaan ayam petelur tersebut akan dikelola oleh dengan penambahan kelompok yang terdiri dari masyarakat di tiap – tiap Dusun yang ada di Desa Sarijaya. (HR – AMR – EY)