Jurnal Indonesia Baru

Rapat Minggon Kecamatan Cibuaya, Bahas Gebyar Paten

JIB | Karawang, – Rapat minggon Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang, bahas persiapan Gebyar Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) bersama sama Kepala Desa Se-Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang beserta perangkat nya, rapat minggon dilaksanakan di aula gedung kantor Kecamatan Cibuaya, Selasa (23/05/23).

Camat Kecamatan Cibuaya Karawang, Agus Somantri, S.IP.MM menuturkan, pihaknya telah melaksanakan rapat minggon dengan pembahasan untuk persiapan Gebyar Paten yang akan dilaksanakan di lapangan lingkungan kantor Kecamatan yang akan dimulai pada Rabu (31/05/23) mendatang.

“Dalam acara gebyar paten yang nantinya akan di laksanakan sesuai dengan dinas instansi termasuk instansi vertikal yang sesuai dengan tusi (tugas dan fungsi) diantaranya seperti misal BJB apa layanan mereka terhadap masyarakat, dan masih banyak lainnya layanan yang akan diberikan,” paparnya.

“Selain itu pelayanan pada Gebyar Paten nanti yang di antaranya yakni pelayanan SIM, pelayanan pajak kendaraan, pelayanan imigrasi, pelayanan PBB dan BPHTB, pelayanan Perumdam, pelayanan PLN, pelayanan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, pelayan Pos dan Giro,” ujarnya.

Lanjutnya mengatakan, Gebyar Paten nanti dalam pelayanan nya yakni administtrasi kependudukan (KTP, KK, AKTA Kelahiran) (gratis), pelayanan perizinan TDP, IMB dan lain-lain, pelayanan BJB, pelayanan IUD, IMPLANT (gratis), Perpustakaan Keliling dan Taman Bacaan, pemeriksaan kesehatan hewan (gratis), Bazar UMKM, pelayanan Kartu Kuning (gratis), info loker dan magang (gratis), pelayanan Tera dan Tera Ulang, pemeriksaan kesehatan (gratis), pendaftaran dan pembuatan Kartu Kusuka dan Uji Emisi Kendaraan Roda Empat.

“Gebyar Paten ini sudah pernah dilaksanakan di tahun sebelumnya, dan kepada seluruh masyarakat bisa dapat menggunakan dan memanfaatkan layanan ini, karena tujuannya adalah memberikan layanan kepada masyarakat itu untuk memudahkan dan meringankan serta paling tidak jarak itu bisa lebih dekat,” terangnya.

“Gebyar Paten yang akan nanti di laksanakan pada hari Rabu (31/05/23), selain mempermudah pelayanan terhadap masyarakat, juga membangun sinergitas, kekompakan dan komprehensif antara Pemerintah Kecamatan dengan Pemerintahan Desa dan juga dengan masyarakat,” Pungkasnya. (SULE/EY)