Jurnal Indonesia Baru

Kades Dan Masyarakat, Muspika Pakisjaya, PJT II Rengasdengklok Laksanakan Gorol Bersihkan Sampah

JIB | Karawang, – Masyarakat Wilayah Pakisjaya dengan di Pimpin Para Kepala Desa bersama Muspika Pakisjaya dan Pihak PJT II Rengasdengklok Karawang, melaksanakan kegiatan gorol membersihkan sampah dan eceng gondok di Saluran Sekunder (SS) Batujaya Pakisjaya, Sabtu (12/08/23).

Dikatakan Sardi sebagai Kepala Desa PJS Tanjungmekar, bahwa kegiatan gorol ini merupakan bagian dari gerakan bersih – bersih dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan irigasi sehingga menciptakan indonesia yang bersih dan berbudaya.

“Setiap musim tanam kita wajib turun melakukan gorol, untuk memperbaiki saluran sekunder dengan cara gotong royong bersama masyarakat petani. Sejauh ini saluran air diwilayah setempat belum dapat melayani areal persawahan secara keseluruhan,” jelasnya.

Lanjutnya mengatakan, pembersihan saluran irigasi dari sampah dan eceng gondok maupun semak untuk mendukung lancarnya aliran air di saluran irigasi. Diharapkan air bisa tersampaikan kepada pengguna sehingga hasil pertanian akan lebih baik.

“Kegiatan gorol ini kita lakukan bersama Masyarakat Pakisjaya dan Muspika Pakisjaya juga pihak PJT II Rengasdengklok. Untuk titik lokasi kegiatan diawali dari saluran sekunder Batujaya hingga ujung saluran Pakisjaya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ade Suherman yang sapaannya Golun sebagai Kaur OP dari pihak PJT II Rengasdengklok mengatakan, pihaknya ikut berperan serta juga dalam kegiatan gorol di saluran sekunder Batujaya Pakisjaya bersama masyarakat dan Muspika Pakisjaya Kabupaten Karawang.

“Dalam kegiatan gorol ini kita menerjunkan juga para waker yang bekerja sama dengan Masyarakat Pakisjaya dan Muspika, tujuannya agar memperlancar aliran air sehingga dapat menyuplay ke areal pesawahan para petani,” pungkasnya. (SUL / EY)