Jurnal Indonesia Baru

Program Bantuan Pangan Non Tunai Ditiap Desa Kecamatan Batujaya Dapat Apresiasi Dari KPM

JIB | Karawang, – Para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Karyamulya Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang, mengungkapkan rasa terima kasih atas pelaksanaan program tersebut.

Mereka menyatakan bahwa bantuan ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga mereka yang digelontorkan Pemerintah Pusat melalui (Kemensos) Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Salah satu KPM, Ibu Nisem, RT 20/05 Dusun Mulyasari Desa Karyamulya Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang mengungkapkan, dirinya sangat bersyukur atas program BPNT yang telah diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kemensos.

“Bantuan ini sangat membantu kami dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari, dan uang yang di terima sebesar 600 ribu rupiah untuk pencairan BPNT murni per 3 bulan,” ungkapnya kepada jurnalindonesiabaru.com, Rabu (17/04/24).

Tidak hanya para KPM, H. Mamat Rahmat Sebagai Pjs Kepala Desa Karyamulya Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang, juga dalam pernyataannya, memberikan dukungan kuat terhadap realisasi program BPNT.

“Kami sangat mendukung adanya realisasi program BPNT di wilayah kami. Program ini membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan bantuan pangan bagi warga masyarakat yang kurang mampu,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Niman sebagai Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Batujaya mengatakan, pelaksanaan penyaluran BPNT melalui PT Pos memberikan kemudahan bagi warga masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk memperoleh bantuan pangan yang diperlukan.

“Pelaksanaan secara serentak ditiap – tiap Desa Wilayah Kecamatan Batujaya, dan sangat bersyukur dengan adanya bantuan ini dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial. Ini sangat membantu meringankan beban hidup bagi warga masyarakat yang kurang mampu,” terangnya.

Sementara itu, pengawasan terhadap kegiatan penyaluran BPNT ditiap – tiap Desa Wilayah Kecamatan Batujaya juga terus dilakukan oleh Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika). Mereka melakukan monitoring secara rutin untuk memastikan bahwa penyaluran bantuan berjalan dengan lancar dan tepat sasaran.

“Muspika Batujaya, terus melakukan pengawasan dan monitoring terhadap penyaluran BPNT di wilayah kami. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa bantuan ini benar-benar sampai kepada yang membutuhkan dan digunakan dengan baik,” ungkap Irlan Suarlan sebagai Plt Camat Batujaya.

Menurutnya, program BPNT telah menjadi salah satu upaya Pemerintah dalam mendukung kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi keluarga kurang mampu.

“Dengan dukungan dari para KPM, Kepala Desa, dan pengawasan yang ketat dari Muspika, diharapkan program ini dapat memberikan dampak positif yang lebih besar bagi warga masyarakat Wilayah Kecamatan Batujaya,” tambahnya. (Red)