Jurnal Indonesia Baru

Akan Digelar Sedekah Bumi, Pemdes Cibuaya Laksanakan Woro – Woro

JIB | Karawang, – Pemerintah Desa Cibuaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang, Gelar acara woro – woro dalam rangka persiapan akan merayakan sedekah bumi, acara ini tradisi tahunan yang sangat dihormati oleh masyarakat setempat.

Akan di gelarnya sedekah bumi pada (19/04/24) adalah tradisi yang telah menjadi bagian penting dari warisan budaya dan keagamaan masyarakat Desa Cibuaya selama berabad-abad.

Sedekah bumi merupakan upacara syukur yang dilakukan oleh petani setelah panen pertama mereka. Mereka membagikan hasil panen kepada sesama yang kurang beruntung sebagai tanda terima kasih kepada Tuhan atas limpahan rezeki yang diberikan.

Menurut H. Ita Warsita Sebagai Kepala Desa Cibuaya, “Sedekah bumi adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Desa Cibuaya. Ini adalah waktu di mana kami bersatu sebagai satu keluarga besar untuk merayakan hasil panen yang melimpah,” ujarnya.

Acara gelaran sedekah bumi juga merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk mempererat ikatan sosial dan memperkuat solidaritas antar sesama.

“Kami percaya bahwa dengan berbagi, kita dapat menciptakan komunitas yang lebih kuat dan lebih berdaya,” tambahnya. (Red)