Jurnal Indonesia Baru

KPUD Kabupaten Bekasi: 69 Orang Tim Relawan Demokrasi di Tes

JIB | Kedung Waringin- Sebanyak 69 calon Relawan Demokrasi mengikuti Tes wawancara di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Rabu (16/01/2019).

Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) Arif Noorman Nasir Kepada Jurnalindonesibaru.com, tes wawancara merupakan tahap ke dua untuk menjadi Relawan Demokrasi KPU, karena sebelumnya ada tes kelengkapan administrasi.

“Tes wawancara ini adalah tahap ke dua, sebelumnya ada tes kelengkapan administrasi untuk menjadi relawan Demokrasi” tuturnya.

Tambahnya dari hasil tes wawancara akan di saring kembali menjadi 55 orang untuk menjadi Relawan demokrasi, yang akan di plenokan hari kamis besok.

“Nantinya akan kita saring menjadi 55 orang, besok akan kita plenokan dan umumkan siapa aja yang lolos seleksi untuk menjadi Relawan Demokrasi” Tambahnya.

Di tempat yang sama Jajang Wahyudin selaku ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, tugas Relawan Demokrasi KPU merujuk ke UU No 07 tahun 2017, PKPU NO 10 tahun 2018, tentang sosialisasi dan surat edaran KPU RI no 23.

“Untuk membantu KPU Kabupaten Bekasi mensosialisasikan tahapan-tahapan pemilu 2019 sekaligus melakukan pendidikan pemilih kepada masyarakat agar mengikuti pemilih dengan cerdas dan bertanggung jawab, dan salah satu tujuan untuk mencapai tingkat partisipasi pemilu 2019 secara nasional sebayak 77,5%.”pungkasnya

Untuk proses rekrutment Relawan Demokrasi KPU di mulai pada tanggal 11 januari 2019 dan mulai bekerja dari tanggal 17 januri sampai 14 April 2019. (Sep)