JIB|Jakarta- Debat lanjutan ke 4 capres kemarin malam, rakyat menantikan dan ingin adu argumen dari kedua paslon untuk mendengarkan serta untuk memantapkan pilihan dari kedua capres tersebut.

Acara di mulai Sabtu malam tanggal (30/03/2019), bertempat di Hotel Shangri-La, Jakarta pukul 20:00 WIB kemarin malam, Capres dari nomor urut 01 Jokowidodo dan dari nomor urut 02 Prabowo Subianto akan saling beradu argumen dalam acara sesi debat ke 4 tersebut. Minggu (31/03/2019).

Debat kali ini mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional.

Komisi Pemilihan Umum telah menunjuk dua jurnalis senior sebagai moderator debat, yaitu Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi. Serta media penyelenggara debat yang akan menyiarkan secara langsung adalah Metro TV, SCTV, dan Indosiar.

KPU menyebut sesi debat yaitu enam segmen dengan berkisar 90-94 menit.
– Segmen 1: Penyampaian visi-misi
– Segmen 2 dan 3: Pendalaman visi-misi capres lewat pertanyaan tim panelis
– Segmen 4 dan 5: Capres saling bertanya
– Segmen 6: Pernyataan penutup.
Dalam debat keempat ini, sebanyak sembilan orang panelis telah menyusun pertanyaan bagi kedua capres.

Mereka adalah Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga Prof Dr Zakiyuddin M Ag, Akademisi dari Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Dr J Haryatmoko SJ, Dekan FISIP Universitas Gadjah Mada Dr Erwan Agus Purwanto M Si, Akademisi dari FISIP UI Dr Valina Singka Subekti MSi, Sekjen Transparency International Indonesia Dadang Trisasongko, Direktur Eksekutif Imparsial Al Araf, Rektor Universitas Cenderawasih Dr Ir Apolo Safanpo ST MT, Akademisi dari FISIP Universitas Airlangga Drs I Basis Eko Soesilo MA, dan Akademisi dari FISIP UI Dr Kusnanto Anggoro.

Kedua kubu menyatakan capres Jokowi maupun Prabowo telah siap untuk menghadapi debat keempat dengan mendalami temanya. (Andre)