JIB | Indramayu,- Masyarakat Jawa yang masih sangat kental dengan tradisi adat dan budaya. Tradisi sedekah bumi menjelang masa tanam masih diselenggarakan sejumlah masyarakat Kabupaten Indramayu. Tidak terkecuali di wilayah Kecamatan Sliyeg, tepatnya di Desa Tugu. Rabu (06/11/2019).

Selain bentuk rasa syukur kepada Allah Tuhan YME, juga tidak menghilangkan tradisi agar tetap eksis dilaksanakan dan dijadikan sebagai agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

Dalam acara sedekah Bumi tersebut Pemdes Tugu menyajikan pagelaran wayang golek Jaka Baru dari Desa Gadingan, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu.

Kepala Desa Tugu H. Ermanto dikesempatan tersebut menyampaikan bahwa, diadakannya acara sedekah bumi ini adalah Sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT dengan Harapan kedepannya di berikan kehidupan yang lebih baik. tuturnya

Sambungnya. “Tradisi sedekah bumi ini bermaksud sebagai wujud rasa syukur atas semua nikmat dan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT,”

H. Ermanto selaku Kepala Desa Tugu juga menyampaikan ucapan banyak terima kasihnya kepada semua pihak perangkat desa, serta warga masyarakat Tugu atas partisipasi dalam menyukeskan acara sedekah bumi ini.

“Alhamdulillah, berkat kekompakan masyarakat acara sedekah bumi Desa Tugu yang telah di laksanakan tiap tahun ini selalu berjalan dengan baik, aman dan lancar,” pungkasnya. (Andri)