JIB | Karawang, – Besaran Dana Desa tahun 2019 yang diterima Pemerintahan Desa Kedungjeruk Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang, dalam merealisasikannya dengan mengoptimalkan pembangunan diberbagai sektor, terutama infrastruktur, Rabu (06/11/19).

Dikatakan, Kepala Desa Kedungjeruk, Minan, dengan adanya pengawasan yang signifikan dari instansi terkait serta berbagai elemen masyarakat, optimalisasi hasil pembangunan realisasi Dana Desa tahun 2019 bisa tercapai.

“Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019, kami fokuskan untuk peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan, diantaranya membangun jalan lingkungan (jaling) yang tersebar diberbagai dusun,” ucapnya waktu ditemui Jurnal Indonesia Baru (JIB) setelah melaksanakan rapat minggon desa, Rabu (06/11/19).

Menurutnya, peningkatan jalan lingkungan yang sudah dikerjakan kini mulai dapat dirasakan manfaatnya. Jalan tersebut pun kini sudah bisa dinikmati masyarakat setempat, dan bisa memperlancar akses transfortasi warga. Karena selama ini menurutnya kondisi jalan-jalan tersebut sudah rusak parah dan memerlukan pembangunan.

“Semua realisasi Dana Desa untuk peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan dalam pelaksanaannya secara swakelola dengan melibatkan masyarakat Desa sendiri, sehingga masyarakat pun turut berperan aktif dalam kegiatan pembangunan desa,” ungkapnya.

Realisasi Dana Desa tahun 2019, selain membangun jalan lingkungan yang tersebar di 2 dusun, Dusun Cimahi dan Kedungjeruk, sebagian dana dipergunakan untuk membangun turap penahan tanah (TPT) di 3 dusun, Cimahi, Kedungjeruk dan dusun Tangkolo. Sementara untuk bidang pendidikan dan kesehatan, dana juga dipergunakan untuk penyediaan mebelair PAUD, Alat kesehatan (Alkes) dan penyertaan modal BumDes.

“Berkat adanya kerjasama yang sinergis antar lembaga dengan masyarakat serta instansi terkait, sehingga dalam pengelolaan Dana Desa ini mendapatkan hasil yang optimal, yakni, efektif, efisien dan akuntabel,” ujarnya.

Ditempat terpisah, H Kamaludin (38) selaku warga Dusun Tangkolo, mengatakan dirinya mengapresiasi kinerja Pemdes Kedungjeruk. Dengan terbukti adanya pembangunan jalan lingkungan dan pembangunan lainnya tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Sebagai masyarakat kami sangat mengapresiasi kinerja Pemdes Kedungjeruk, yang telah mengoptimalkan pembangunan melalui berbagai kajian potensi yang mencakup segala aspek sehingga semua kebutuhan masyarakat dapat terakomodir,” pungkasnya.(Sule/Ey)