JIB | Karawang, – Pemerintahan Desa Malangsari Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang, rampungkan realisasi Dana Desa tahun 2019, dengan melakukan berbagai pembangunan di berbagai sektor, diantaranya japak, jaling, TPT, penyertaan modal Bumdes, mubeller kesehatan dan pendidikan, Kamis (07/11/19).

Dikatakan, Kamsan selaku Kepala Desa Malangsari, dengan kondisi masyarakat perdesaan, salah satu bentuk pembangunan fisik yang dapat membantu kesejahteraan masyarakat secara umum adalah perbaikan infrastuktur.

“Kita lakukan pembangunan diberbagai sektor dengan tujuan dapat mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya waktu ditemui diruang kerjanya, Kamis (07/11/19).

Dengan rampungnya realisasi DD untuk pembangunan japak dan jaling diberbagai sektor, diharapkan mampu mempermudah akses transportasi masyarakat Desa Malangsari. Sementara perlu diketahui bersama bahwa bertani merupakan mata pencaharian utama masyarakat Desa Malangsari.

“Besarnya penyerapan tenaga kerja lokal yang bisa diserap oleh program pembangunan desa, sehingga dapat mempercepat akselerasi perekonomian desa,” ujarnya

Pembangunan dengan dibiayai DD tahun 2019 dalam pengerjaannya dilaksanakan dengan cara swakelola dan dengan melibatkan masyarakat sekitar lokasi pembangunan. Selain penerapan swakelola, pengerjaan pembangunan menerapkan padat karya tunai.

“Hal tersebut dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat di sekitar lokasi pembangunan, utamanya masyarakat dari golongan ekonomi menengah ke bawah,” pungkasnya.(Sule/Ey)