JIB | Karawang, – Kodim 0604 Karawang beserta jajaran peringati Hari Juang TNI (Tentara Nasional Indonesia) AD (Angkatan Darat) di Lapangan Monumen Rengasdengklok. Dalam peringatan tersebut yang telah ditetapkan setiap 15 Desember, Senin (16/12/19).

Dalam sambutannya, Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo M.Msc, selaku Dandim 0604 Karawang, mengatakan pentingnya memperingati hari juang dengan bertujuan untuk mengenang para pejuang dengan gigih telah berhasil menghancurkan tentara sekutu.

“Dalam pertempuran tersebut pertempuran ambarawa atau biasa dikenal palagan Ambarawa yang dipimpin oleh Jendral Sudirman,” ucap Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo M.Msc selaku Dandim 0604 Karawang, Senin (16/12/19).

Lebih lanjut, mengatakan bahwa Rengasdengklok merupakan pangkal perjuang dimana saat itu para pemuda Rengasdengklok dengan berani mengamankan Soekarno – Hatta agar segera memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Tanpa adanya semangat para pemuda saat itu, mungkin kita bukan tentara Republik Indonesia, melainkan Tentara Menir atau Tentara Jepang dengan bahasa yang dipergunakan sehari – hari atau bahasa Belanda,” terangnya.

Menurutnya, sangat besar jasa – jasa para pemuda Karawang, khususnya para pemuda Rengasdengklok. Dan dihari ini di Hari Juang TNI AD mari kita bersama – sama laksanakan karya bakti untuk merawat, memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan, demikian.(Sule/Ey)