JIB | Karawang, – Dengan banyaknya tetumbuhan eceng gondok dan sampah rumah tangga serta lainnya yang memadati saluran irigasi Batujaya – Pakisjaya Karawang, perlu adanya penanganan signifikan dari pihak DLHK dan PJT II, Senin (27/01/20).

Dikatakan, Cacan selaku MP atau Kasi Trantib Kecamatan Batujaya, bahwa eceng gondok dan sampah rumah tangga yang menumpuk di saluran irigasi tepatnya depan Kantor Kecamatan Batujaya, telah mengganggu kebersihan saluran irigasi.

“Perlu adanya penanganan yang lebih serius dari pihak instansi terkait, bila dibiarkan eceng gondok dan sampah rumah tangga akan menyumbat air yang mengalir sehingga akan terjadi banjir, karena air meluap,” ucapnya.

Sementara, banyaknya tetumbuhan eceng gondok dan sampah rumah tangga serta sampah lainnya di saluran irigasi, dirinya bersama anggotanya dengan bantu warga sekitar melakukan pembersihan dengan menggunakan alat manual.

“Untuk menjaga kebersihan saluran irigasi dalam melakukan kegiatan pembersihan eceng gondok dan sampah lainnya, kita lakukan bersama warga sekitar dengan menggunakan alat bantu seadanya,” ujarnya.

Setelah melaksanakan kerja bakti dalam kegiatan bersih – bersih eceng gondok dan sampah lainnya, dirinya memohon kepada masyarakat agar membuang sampah jangan ke irigasi, tetapi harus pada tempatnya, demikian.(Sule/Ey)