Jurnal Indonesia Baru

PT Platinum Ceramics Di Demo Warga

JIB | Kedungwaringin- puluhan warga dan Karang Taruna Desa Karang Sambung, Kecamatan Kedungwaringin lakukan aksi demo di depan Pt Platinum Ceramics.

Dalam aksi itu mereka mendesak beberapa tuntukan terkait penerimaan pekerja lokal serta penyaluran CSR kepada masyarakat setempat.

“Karena banyak keresahan masyarakat soal lingkungan sehingga merugikan warga sekitar. Belum lama ini ketua DPRD Kabupaten Bekasi mengedarkan surat Perbup Nomor 9 tahun 2019 tentang penyerapan tenaga kerja lokal,” ucap Kepala Desa Karang Sambung, Try Ruly Lesamana.

Regulasi itu, kata dia, akan menjadi pedoman untuk memprioritaskan warga pribumi. Bukan hanya itu, warga juga menuntut CSR yang dikeluarkan perusahaan agar terserap kepada masyarakat.

“Kenapa kami meminta penerimaan pekerja lokal satu pintu melalui Karang Taruna, karena kami mau ngeberantas oknum-oknum yang tidak bertangung jawab,” kata dia.

Dengan meminta sejumlah uang, menurut dia, itu target oknum yang akan kita tindak. Hasil audensi, perusahaan akhirnya mensetujui semua tuntutan kita dari pekerja lokal hingga penyaluran CSR.

“Jika perusahaan melanggar kesepakatan yang sudah disetujui kami akan melaporkan sesuai hukum yang berlaku,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, kedepannya masyarakat karang sambung akan di prioritaskan, karena hal itu adalah tuntutan pokok utama masyarakat.

“Untuk persyaratan penerimaan kami ikuti aturan dari perusahaan. Bahkan kami akan memberantas oknum yang meminta uang untuk bisa masuk bekerja di perusahaan yang ada di wilayah kami,” tadasnya (Red).