JIB | Kabupaten Indramayu,- Setiap jamaah yang selesai melaksanakan salat Jumat dipersilahkan untuk mengambil makanan yang disediakan.

“Kegiatan ini adalah inisiasi dari Dewan Kemakmuran Masjid Jamie Al-Hikmah alhamdulillah saat ini sudah jalan 1 tahun, untuk jamaah yang selesai salat Jumat boleh mengambil makanan dan minuman yang mana saja, tidak kita batasi,” Ujar Cariwan, S.Pd disela-sela menyiapkan makanan dan minuman untuk jamaah di Masjid Jamie Al-Hikmah, Jumat (7/2/2020).

Lanjut Cariwan, makanan dan minuman yang disediakan pihaknya memang berjumlah puluhan dan terdiri lebih dari beberapa jenis.

Banyaknya makanan dan minuman merupakan sumbangan dari jamaah dan masyarakat sekitar. Tidak ada kriteria khusus makanan dan minuman jika akan menyumbang pada pihaknya.

“Makanan dan minumannya dari jamaah yang ingin menyumbang. Siapa saja yang mau mengirim bisa langsung stor disini. Tidak diterapkan perjanjian atau pembagian setiap orang nyumbang berapa, makanya banyak jenisnya Setiap orang ada yang nyumbang 50 bungkus makanan dan jenisnya macam-macam. Menyumbang sedikit pun sangat boleh asal ikhlas,” ucapnya.Cariwan menambahkan, kegiatan yang dilakukan pihaknya setiap hari Jum’at selain untuk berbagi kepada sesama, juga sebagai ladang untuk mendapatkan pahala.Seperti hari ini, jumlah makanan dan minuman yang pihaknya sediakan mencapai puluhan makanan dengan berbagai jenis.

“Niat utamanya untuk sodaqoh Jumat, sebelum dilakukan bagi-bagi makanan kami sudah berkoordinasi dengan jamaah lain beberapa hari sebelumnya. Hari ini mencapai 15 makanan dan minuman,” jelasnya.Sarikadno (58) Salah satu Pengurus DKM Masjid Jamie Al-Hikmah mengatakan, dengan kegiatan rutin setiap Jumat yang dilakukan, pihaknya mengharapkan jamaah yang beribadah di Masjid Jamie Al-Hikmah semakin banyak.

“Mudah-mudahan jamaah yang datang ke Masjid jadi lebih banyak, serta bisa menjadi tempat beribadah umat islam selain dari sekitar sini,” paparnya.

(Dre)

Sum: Bang Iyos