JIB | KARAWANG – Menindak lanjuti himbauan pemerintah pusat dan daerah dalam penanganan penyebaran dan memutus rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19). Pemerintah Desa (Pemdes) Makmurjaya, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, membentuk Satgas Relawan penanganan Covid-19 untuk tingkat desa.

Berangkat dari Satgas Relawan, kepedulian untuk melakukan kegiatan sosial dalam memerangi penyebaran dan memutus rantai Virus Corona (Covid-19) menjadi giat rutin yang sudah dijadwalkan.

“Kita sudah membuat jadwal tetap selama seminggu dua kali, hari Senin melakukan penyemprotan Disinfektan ke setiap rumah warga dan tempat ibadah, dibarengi dengan sosialisasi. Sedangkan hari Kamis, melakukan pendistribusian pemasangan tempat mencuci tangan ke sarana ibadah. Satgas Relawan ini bekerja hingga waktu yang belum dapat kita tentukan,” ujar Asep Mulyana, ketua Satgas Relawan, sekaligus Sekretaris Desa Makmurjaya, saat ditemui wartawan di kantor desa, Rabu (15/4).

Asep menambahkan, sudah ada beberapa sarana ibadah yang telah diberi bantuan berupa tempat mencuci tangan dengan sabun cairnya. Bahkan di depan desa pun pihaknya juga telah membuat tempat sterilisasi dan mencuci tangan.

“Alhamdulillah, kami sudah dapat memberikan tempat untuk mencuci tangan di beberapa Masjid, yang penempatannya langsung kami pasang,” paparnya.

Terkait adanya Satgas Relawan, ia mengatakan, pembentukan Satgas Relawan terlahir dari keinginan dari perangkat desa, terdiri dari Rt, Rw hingga Kepala Dusun (kadus) Desa Makmurjaya.

“ Kami tidak pernah untuk memaksakan adanya pembentukan Satgas Relawan untuk penanganan penyebaran dan memutus rantai Covid-19. Murni ini adalah keinginan pada perangkat desa kami. Semoga saja kerelaan dan ketulusan dari satgas relawan ini dapat membuka hati warga dalam ikut serta mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Desa Makmurjaya,” pungkasnya. (Supri)