Jurnal Indonesia Baru

Kapolda Jabar Apresiasi Kampung Tangguh di Desa Klari Sebagai Penopang Ekonomi

JIB | KARAWANG –Sebagai tindak lanjut Instruksi Kapolri untuk penguatan ketahanan masyarakat di tengah Pandemi Covid-19, maka sebagai bentuk sinergi antara Polri bersama TNI, Pemda dan masyarakat, disiapkan konsep “Kampung Tangguh”. Salah satu Kampung Tangguh yang sudah terlaksana ada di Desa Klari, Kecamatan Klari Kabupaten Karawang.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi bersama Bupati Karawang melaksanakan peninjauan langsung ke Kampung Tangguh. Kegiatan peninjauan ke Kampung Tangguh Kabupaten Karawang ini dilaksanakan dalam rangka menjaga ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Karawang guna menghadapi dampak Covid-19, serta memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19.

Konsep Kampung Tangguh, melibatkan peran serta masyarakat yang memiliki kontribusi besar dalam penguatan ketahanan masyarakat di tengah pandemi COVID-19, dengan menjunjung rasa gotong royong dan menumbuhkan kepedulian dalam penanganan COVID-19 di masyarakat pedesaan.

Kampung Tangguh, memenuhi kriteria tangguh dalam hal ketahanan kesehatan, sumber daya manusia, ketahanan pangan, informasi, keamanan, psikologi masyarakat, dan budaya.

“Provinsi Jawa Barat memiliki 645 kelurahan dan 5.312 desa, dan Kampung Tangguh di Desa Klari, merupakan Role Model yang akan diikuti oleh Kelurahan/Desa di Provinsi Jawa Barat, “ujar Kapolda Jabar.

“Kampung tangguh ini bila dikembangkan sangat efektif, karena setiap desa memiliki tujuh ketangguhan tadi, Insya Allah menjadi kekuatan yang luar biasa di Jawa Barat yang merupakan penopang ekonomi Jawa Barat,” imbuh Kapolda Jabar

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Drs. S. Erlangga menginformasikan pula bahwa yang dimaksud tangguh kesehatan antara lain ketersediaan APD untuk evakuasi pasien COVID-19, kesiapan petugas pemulasaran jenazah, ruang isolasi yang telah disiapkan desa setempat, kesiapan New Normal/Adaptasi Kehidupan Baru (ABK) dengan pedoman Protokol Kesehatan yaitu, penggunaan masker, jaga jarak, cuci tangan.

“Dan yang tidak kalah pentingnya, Kampung Tangguh juga mempersiapkan Ketahanan Pangan Masyarakat sehingga masyarakat dapat produktif di tengah Pandemi Covid-19,” tutup Kabid Humas Polda Jabar.

Selain itu Kapolda Jabar memberikan bantuan kepada warga masyarakat guna membantu terhadap dampak Covid-19. (Supri)