Jurnal Indonesia Baru

DPP LIDIK PRO Sulsel Desak Gubernur Segera Penuhi Janji Pemindahan Jenazah Di Macanda Ke Bulukumba

JIB | Sulawesi Selatan,- Upaya Andi Baso Ryadi Mappasulle, memperjuangkan pemindahan Jasad Istrinya (Nurhayani Abraham) yang dimakamkan di pemakaman khusus Macanda yang hasil swab almarhumah dinyatakan Negatif belum menuai hasil hingga saat ini.

Viralnya video rekaman dimana Andi Baso bersama putrinya rela bersujud dikaki gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan para pejabat Pemprov serta anggota DPRD Sulsel dihalaman kantor DPRD Sulawesi Selatan pada hari senin 20 juli 2020 lalu, menggambarkan harapan yang sangat besar dari pihak keluarga jenazah.

Menyikapi hal itu, membuat Ketua DPP LSM Lidik Pro Sulsel, Muh. Kemal Situru mengecam keras tindakan Gubernur Sulawesi selatan yang tak kunjung ada respon positif pasca kejadian itu.

“Kami akan mengagendakan untuk melakukan aksi besar besaran di depan kantor Gubernur Sulsel sikapi hal ini, dan DPD Lidik Pro Beberapa Kabupaten yang ada di Sulsel juga akan siap turun aksi bergabung bersama DPP,” tegas Kemal

Sementara, Sekjen Lidik Pro M.Darwis K mengungkapkan rasa kekecewaannya terhadap Nurdin Abdullah. Sebab, sikap Nurdin Abdullah yang tidak memberikan izin pemindahan pemakaman Jenazah Almarhumah Nurhayani Abraham yang hasil swabnya dinyatakan negatif, yang telah memakamkan di pemakaman khusus macanda agar bertanggung jawab untuk memindahkan sendiri pemakaman almarhumah ke Bulukumba sesuai permintaan pihak keluarga”, terang Darwis K

Selama ini kami sangat menghormati dan mensupport kebijakan kebijakan Pemprov Sulsel, namun hari ini kami dibuat kecewa atas sikapnya yang tidak memberi izin kepada Andi Baso untuk memindahkan pemakaman Istrinya. Dan kami juga tegaskan akan segera mengkonsolidasikan kepada seluruh pengurus DPD Lidik Pro se-Sulawesi Selatan untuk melakukam aksi unjuk rasa depan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan”, tegasnya lagi.

Ketua DPN BINPRO, Harianto Syam bersama Rusdi Ketua DPP Badan Investigasi Nasional Lidik Pro (BIN-PRO) Sulsel mengecam Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang belum memberikan Izin kepada Andi Baso untuk memindahkan pemakaman Istrinya yang hasil swabnya dinyatakan negatif sampai sekarang ini.

“Miris melihat video Andi Baso saat bersujud memohon mohon kepada Nurdin Abdullah untuk diberi Izin memindahkan Pemakaman Istrinya kekabupaten Bulukumba, namun Pak Gubernur tidak tergugah hatinya untuk memberikan ijin”. Ucap Rusdi

Selaku Warga Bantaeng yang ikut berjuang dalam kemenangannya waktu pilgub, saya mengecam sikap beliau yang tidak punya rasa prikemanusiaan terhadap rakyatnya yang sudah bermohon dan bersujud dikakinya itu, tegas Rusdi

Sebelumnya dikabarkan bahwa Nurdin Abdullah pernah berjanji akan memberikan Izin pemindahan pemakaman Almarhumah Nurhayani Abraham yang dimakamkan di pemakaman khusus Macanda, bahkan hal itu disampaikan melalui siaran langsung TVOne beberapa bulan yang lalu.

Hingga berita ini diterbitkan, Gubernur Sulawesi selatan yang berusaha di konfirmasi lewat Via Whatsapp dan Via Telepon sama sekali tidak memberikan jawaban, bahkan berulang kali di telpon namun tidak di angkat.(Red)