JIB | KARAWANG – Sosok H. Ade Hidayat bukan hal yang baru khususnya di wilayah Karawang hingga Jawa Barat umumnya. Selain tokoh masyarakat, ia juga aktif di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pasukan 12 Karawang Jawa Barat, menjabat sebagai Sekertaris Jendral (Sekjen).

Yang lebih mengejutkan, seorang H. Ade dengan sapaan akrabnya, adalah salah satu penggemar dan pengagum penyanyi kondang Iwan Fals. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya album dari Iwan Fals yang dihafalnya dan dibawakannya dalam setiap acara.

Bila melihat dari postur, H. Ade memiliki tipikel menakutkan, tapi pada kenyataannya tidak demikian. H. Ade memiliki sifat yang mudah bergaul, familier dan tidak mengedepankan kepentingan pribadinya, dengan kata lain lebih bersifat sosial. Dalam pergaulan ia dapat berbaur dengan golongan apapun.

Saat dijumpai di kediamannya, H Ade membenarkan kalau dirinya pengagum berat Iwan Fals, bahkan menurutnya hampir keseluruhan album Iwan Fals sering dibawakan (dinyanyikan) baik dalam acara santai maupun acara lainnya.

“Berbicara Iwan Fals, pokoknya saya adalah pengagum berat, jelasnya tidak diragukan deh. Apalagi kalau denger lagu ‘Bongkar’ wah bukan main,” ungkapnya.

Ketika ditanya kenapa mengagumi Iwan Fals, Dikatakannya, syair lagu Iwan Fals mengandung arti dan makna mewakili suara hati rakyat kecil. Bahkan hampir dari setiap syair lagunya menceritakan potret kehidupan masyarakat.

“Kritikan sosial yang disampaikan dalam lagu Bento. Ini adalah bagian dari kekuatan atau energi bagi saya, untuk terus peduli dengan masyarakat melalui pengabdian nya lewat LSM Pasukan 12 Karawang,” katanya pada wartawan, Jumat (11/9).

Lebih lanjut H. Ade mengatakan, keinginannya dapat bertemu langsung dengan idolanya (Iwan Fals-red).
Bahkan ia dengan Crue musik nya, di Bilangan Krasak Cilamaya, Karawang, telah membuat video clip lagu Bongkar, telah diselesaikan dengan sukses.

“Pokoknya, saya yakin dapat bertemu dengan Bang Iwan Fals. Makanya saya akan terus membuat video clip lagu bang Iwan Fals yang lainnya. Semoga saja semua ini akan terwujud, dan berharap Bag Iwan Fals terus dapat berkarya untuk khasanah musik Indonesia,” tandasnya penuh harap.

Untuk diketahui sosok H. Ade Hidayat, diberi kepercayaan dan mandat untuk menjadi Dewan Penasehat pada Ikatan Jurnalis Pantura (IJP) Jawa Barat. (Supri)