Jurnal Indonesia Baru

DPP GMI Menduga Normalisasi Kali Konteng Dikerjakan Asal Jadi Akibat Lemahnya Pengawasan

JIB | Kabupaten Bekasi – Akibat Lemahnya pengawasan, DPP GMI Menduga Proyek normalisasi kali Galian Konteng di Desa Sukakerta Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi, hasilnya nampak asal jadi sehingga tidak sesuai spesifikasi, Senin (04/12/23).

Di ketahui proyek normalisasi kali Galian Konteng bersumber dari dana APBD Bekasi tahun anggaran 2023, yang di gelontorkan melalui Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Dan Bina Kontruksi (DSDABMBK) Kabupaten Bekasi, dengan menyerap anggaran senilai Rp. 464.955.500.00,- Pelaksana CV. DICKY KARYA MANDIRI.

H. Riden Bahrudin sebagai Ketua Umum DPP GMI mengatakan, bahwa pihaknya telah mendapatkan laporan dari tim investigasi terkait proyek normalisasi Kali galian konteng yang dalam pelaksanaannya diduga nampak asal jadi sehingga tidak sesuai spesifikasi.

“Dari hasil pekerjaan hanya terlihat asal jadi yang dikerjakan oleh pihak pelaksana. Hel tersebut diakibatkan lemahnya pengawasan dari dinas terkait. Dengan hasil kurang optimal tentunya akan berdampak buruk terhadap lingkungan serta mengakibatkan kerugian negara,” ucapnya.

Ia pun menduga terhadap konsultan atau pihak pengawas dari (DSDABMBK) dalam kinerjanya tidak profesional, pasalnya membiarkan pihak pelaksana dalam bekerja asal asalan yang tidak mengacu SOP yang sudah di tentukan dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelaksana.

“Excavator yang di kendalikan operator nampak jelas untuk pengangkatan sedimen tidak maksimal, dan untuk
pembuatan tebing pun nampak kurang tertata rapih, sehingga kalo tertimpa air hujan akan longsor lalu turun menjadi pedangkalan kembali,” terangnya. (Chupes – Red)